Strategi Menarik Calon Pelanggan


Pelanggan merupakan bagian penting dalam pemasaran, maka memberikan perhatian kepada para pelanggan merupakan satu keharusan bagi para pemasar. Strategi yang harus dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan menawarkan harga yang bersaing, menciptakan dan menawarkan produk-produk baru, melakukan promosi dengan berbagai media (teks, audio, gambar, dan video), memperhatikan mereka dengan memberikan layanan khusus, seperti keanggotaan dalam toko online Anda. Untuk membantu para pelaku penjualan online dalam mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari calon konsumennya. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan agar strategi pemasaran yang digunakan berhasil memikat para konsumen.

Penawaran harga yang bersaing. Secara praktis, pricing strategy dapat dijelaskan sebagai cara pemasar bermain-main dengan angka (baca: harga produk) untuk menarik minat beli calon pembelinya. Hal-hal yang dapat mempengaruhi pricing strategy antara lain kelas ekonomi sasaran penjualan, gaya hidup masyarakat, produk yang ditawarkan, dan lain-lain. Berikut beberapa strategi penetapan harga (pricing strategy) yang diterapkan oleh para pemasar:
  • Menambahkan hadiah. Kata “gratis” bisa menjadi kata sakti untuk menarik pembeli. Pernahkah Anda melihat pemilik toko mencantumkan promo di balik etalase tokonya seperti ini, “Beli dua gratis satu!” atau iklan sejenis itu. Strategi seperti ini cukup mumpuni diterapkan apalagi masyarakat kita memang suka dengan gratisan. 
  • Diskon Selain gratisan. Kata diskon juga cukup menarik perhatian calon pembeli. Semestinya diskon atau pemotongan harga terjadi pada momen-momen tertentu saja. Misalnya saat cuci gudang, atau ada promo penawaran produk baru. Apabila ada toko yang menawarkan diskon terus menerus walaupun musim sudah berganti beberapa kali, berarti kemungkinan pemilik toko menerapkan strategi harga barangnya sudah dinaikkan terlebih dahulu lalu dibuat diskon supaya harga kelihatan lebih menarik. Namun cara ini tetap efektif dilakukan. 
  • Menegaskan harga. Strategi ini cocok digunakan masyarakat yang lebih memilih produk low end. Memang sebagian masyarakat kita masih cenderung melihat nominal harga terlebih dahulu sebelum mengecek kualitas produknya. Contohnya: “Sedia aneka helm mulai dari Rp 40.000“. Walaupun helm yang berharga Rp 40.000 adalah helm berkualitas paling jelek di tempat itu, tapi orang-orang yang kebetulan melintas mungkin akan singgah sejenak karena angka Rp 40.000 tadi. Dengan semakin banyaknya calon pembeli yang mampir, semakin tinggi pula peluang terjadinya transaksi. 
  • v Mempercantik harga Kalau pada strategi sebelumnya harga produk diberi ‘penegasan’, pada strategi ini harga dipermak sedemikian rupa agar harga lebih eye catching di mata calon pembeli. Contoh, daripada memasang label harga Rp 10.000 per item, seorang pedagang mungkin lebih memilih mencantumkan harga Rp 9.999, per item. Kesan awal yang ditangkap calon pembeli adalah harga lebih murah.
Penawaran produk unik. Salah satu daya tarik bagi para konsumen adalah apabila produk yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih dan terlihat lain daripada yang lain (unik). Keunikan itulah yang biasanya menarik perhatian konsumen, sehingga mereka yang awalnya tidak membutuhkan produk tersebut menjadi berminat membeli setelah mereka mengetahui keunikan dan nilai lebih yang ditawarkan.

Promosi melalui berbagai media. Dalam melakukan pemasaran perlu menyusun strategi promosi untuk mendatangkan banyak konsumen. Anda bisa mulai memikirkan strategi promosi sesuai dengan jangkauan pengiriman Anda tentang produkproduk yang di tawarkan, baik untuk zona lokal maupun nasional hingga internasional, terutama sekali jika Anda memasarkan produk-produk yang tidak atau kurang mengandalkan perusahaan jasa pengiriman, misalnya; menjual e-book yang tentu dapat di lakukan cukup dengan memberikan alamat pengunduhan dengan disertai otorisasi login akun pengguna dan password untuk para pembeli produk ebook tersebut 

Pemeliharaan hubungan baik. Pemeliharaan layanan kepada para konsumen sering diabaikan para pelaku usaha, sehingga loyalitas yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar masih belum kuat. Pastikan hal tersebut tidak diabaikan, agar loyalitas konsumen semakin besar dan produk yang dijual mendapatkan tempat tersendiri di hati para pelanggan. 

Membuat konten yang menarik. Tampilan website e-commerce yang menarik dilihat dan mudah diingat oleh pengujung, merupakan satu strategi yang perlu diperhatikan bagi para pengelola penjualan online. Karena penampilan website dengan tata letak (layout) halaman web dan penataan tampilan produk, sangat mempengaruhi perhatian dan kunjungan pelanggan dan atau pencari informasi barang dagangan yang ditawarkan dalam penjualan online. 

Membina hubungan baik dengan pelanggan melalui berbagai media. Umumnya kita hanya fokus bagaimana agar kita bisa melakukan closing sebanyak mungkin. Tetapi, closing perlu diiringi dengan pembelian yang terus berulang repeat order, dan salah satu cara yang bisa digunakan adalah membangun hubungan dengan pelanggan atau biasa disebut dengan customer relation management (CRM). 

Strategi pemasaran menggunakan media. 
  • Search Engine. Sejumlah besar lalu lintas datang ke website secara langsung melalui mesin pencari. Namun, langkah itu tidak mudah karena memerlukan teknik optimalisasi pencarian, Anda harus mengoptimalkan kata kunci dengan baik pada mesin pencari, sehingga mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian. 
  • Optimalisasi Google Maps Listing. Mendaftarkan bisnis Anda di peta Google (https://maps.google.co.id), merupakan salah satu strategi pemasaran e-commerce yang paling penting. 
  • Kampanye Pay Per Click (PPC). Hasil pencarian berbayar merupakan salah satu cara terbaik dalam menjalankan strategi pemasaran e-commerce untuk mendapatkan peringkat teratas dan tampil langsung dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci bertarget tertentu. Seperti Pay Per Click berarti Anda membayar iklan berdasarkan jumlah klik per-hari yang Anda inginkan. Google AdWords dan Yahoo overture adalah sarana iklan terbaik dengan cara membayar kampanye per klik yang memberikan hasil yang bermanfaat untuk hasil pencarian berbayar. 
  • Promosi di Media Sosial. Miliaran orang telah menggunakan platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan media sosial sejenisnya untuk berinteraksi dengan satu sama lainnya. Sebagian besar orang tetap terhubung dengan internet melalui website sosial. 
  • Penggunaan Blog. Menulis di Blog secara teratur, dan menyediakan konten yang unik dan berguna untuk pembaca mendorong pembaca Blog untuk segera mengambil tindakan termasuk membeli produk atau mendaftar (sign up) di halaman Blog. 
  • Penggunaan Video Marketing. Penampilan gambar, dapat berbicara seribu kata, dan penayangan video berbicara jutaan kata. Gambar gerak, menarik perhatian orang dengan cara yang jauh lebih baik. Arahkan iklan untuk memperoleh banyak lalu lintas yang ditargetkan ke website e-commerce Anda. 
  • Surat Kabar Digital. Menciptakan serangkaian strategi pemasaran melalui surat-kabar digital dan/atau informasi lain melalui internet yang efektif sangat membantu untuk berbagi atau mempromosikan diri dan bisnis Anda. Buat seri buletin dan promosi secara efektif melalui bentuk-bentuk pemasaran dan website sosial, akan mendorong orang mendaftar untuk seri surat-kabar (newsletter) dan Anda dapat menyediakan ebook gratis atau laporan gratis mengenai topik tertentu.

11 comments:

  1. Penjelasan sangat mudah untuk dimengertu

    ReplyDelete
  2. Penjelasan sangat lengkap, dengan begitu mudah untuk di mengerti

    ReplyDelete
  3. Penjasan yg mudah utk dipahami dan penjelasan sangat lengkap sekali sekali sehingga mudah utk dipengerti

    ReplyDelete
  4. Nama:Mitha Adelina Sari Lubis
    Pertanyaan:adakah hubungannya strategi dengan kreatifitas?jelaskan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Putri Aprilia Rangkuti.
      Menjawab pertanyaan Mitha Adelina sari lubis.
      Ada, strategi yg efektif untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan menawarkan harga yang bersaing, menciptakan dan menawarkan produk-produk baru, melakukan promosi dengan berbagai media (teks, audio, gambar, dan video).

      Delete
    2. Nama : Putri Aprilia Rangkuti.
      Menjawab pertanyaan Mitha Adelina sari lubis.
      Ada, strategi yg efektif untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan menawarkan harga yang bersaing, menciptakan dan menawarkan produk-produk baru, melakukan promosi dengan berbagai media (teks, audio, gambar, dan video).

      Delete
  5. Nama: Dwi Septi Amanda
    Pertanyaan: jelaskan menurut anda apa itu surat kabar digital?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama saya puja yolanda
      Mnjawab pertanyaan (dwi septi amanda)
      Menurut saya surat kabar digital adalah salah satu media online yang banyak digunakan dalam pencarian dan penyebarluasan informasi di era konvergensi.

      Delete
  6. Mutia rahma yeni, pertanyaan:
    -Bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Dinda kartika putri
      jawaban dari pertanyaan Mutia:
      menarik perhatian pelanggan dapat dilakukan dengan membangun komunikasi secara teratur kepada mereka,perhatian pelanggan juga bisa kita dapatkan dengan memberikan pelayanan yg baik untuk konsumen, sikap ramah dan empati dapat kita tunjukan kesemua pelanggan

      Delete
  7. Nama:Nanda Dwi Jayanti
    Jawaban dari pertanyaan Mutia:strategi yang harus dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan ialah:
    1.penawaran harga yang bersaing
    2.penawaran produk unik
    3.promosi melalui berbagai media
    4.pemeliharaan hubungan baik
    5.membuat konten yang menarik
    6.membina hubungan baik dengan pelanggan melalui berbagai media
    7.strategi pemasaran menggunakan media

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.