SOCIAL MEDIA MARKETING

 SOCIAL MEDIA MARKETING

Oleh: Fajar Daulay, Guru SMKN 7 Medan

 

Media sosial sudah menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan bagi kehidupan kita. Berdasarkan laporan terbaru We Are Social, pada tahun 2020, pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 17% atau 25 juta pengguna dibanding dengan tahun sebelumnya. Riset tersebut melapokan bahwa di tahun 2020 ini pengguna interner berjumlah 175,4 juta jiwa. Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa, maka itu artinya 64% setengah penduduk RI telah merasakan akses ke dunia maya.

                                    Jumlah pengguna internet Indonesia Tahun 2020. Foto: We Are Social

Hal menarik dari laporan We Are Social adalah mengenai data pengguna media sosial, yaitu 160 juta jiwa aktif di media sosial. Ada kenaikan sebesar 10 juta jiwa dari tahun sebelumnya. Adapun media sosial yang paling sering digunakan adalah YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Line, FB Messenger, LinkedIn, Pinterest, We Chat, Snapchat, Skype, Tik Tok, Tumblr, Reddit, Sina Weibo.

Namun, sangat disayangkan masih banyak orang menggunakan media sosial hanya untuk update status, berteman, unggah gambar, atau melihat berita. Padahal media sosial merupakan alat bisnis yang sangat kuat.  Sehingga, apabila Anda tidak memanfaatkan media sosial untuk pemasaran bisnis Anda, maka akan ada jutaan pelanggan yang selama ini Anda lewatkan.

Bagaimana melakukan pemasaran melalui media sosial? Silahkan ikuti website ini ya, saya akan membagikan tulisan-tulisan berkaitan dengan Social Media Marketing.

 

Sumber:

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia

 

 

6 comments:

  1. Dengan adanya media sosial akan memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu,contohnya kegiatan bisnis online,materi pelajaran dan lain lain.

    ReplyDelete
  2. Menurut saya dengan muncul nya teknologi yang semangkin cangih membuat masyarakat lebih mudah menjalankan aktIvitas Sehari"

    ReplyDelete
  3. Dengan adanya sosial media,masrakat lebih mudah untuk berdagang dengan online.

    ReplyDelete
  4. Meburut saya sosial media adalah bagian dari kesehatian yang kita lakukan dan sosial media ada bagian dari marketing dan memudahkan melakukan bisnis atau yang lainnyah

    ReplyDelete
  5. Dengan adanya sosial media semakin banyak strategi marketing baru yang dapat menarik banyak pelanggan. Dengan internet, pedagang dapat berjualan di berbagai lapak di seluruh dunia.

    ReplyDelete
  6. AYU WULANDARI
    XI BDP 1

    Sosial media marketing sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga yaitu website berbasis social media. Ada banyak media social yang bisa digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa.

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.