PENGERTIAN WEBSITE

 

Pengertian Website

Website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang membentuk satu rangkaian informasi yang saling berkaitan antara halaman yang satu dengan halaman lain yang disebut hyperlink, atau website merupakan kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tepatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP. HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Website menurut para ahli

Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

Menurut Wahana Komputer, Web adalah formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada sutu jaringan komputer.

Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni intrenet.

Menurut Haer Talib, Web adalah sebuah tempat di internet yang mempunyai nama dan alamat.

Menurut Boone (Thomson), Web adalah koleksi sumber informasi kaya grafis yang saling berhubungan satu sama lain dalam internet yang lebih besar.

Menurut Feri Indayudha, Web adalah suatu program yang dapat memuat film, gambar, suara, serta musik yang ditampilkan dalam internet.

Menurut Yuhefizar, Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.

Cara Kerja Web

Adapun cara kerja web adalah sebagai berikut:

  1. Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman web atau web page.
  2. Halaman web tersebut disimpan dalam computer server web.
  3. Sementara dipihak pemakai ada computer yang bertindak sebagai computer client dimana ditempatkan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
  4. Browser membaca halaman web yang ada di server web.

Sumber: 

http://phphostingindonesia.com/cara-kerja-web-server-menjalankan-kode-php/

Unsur-Unsur Website atau Situs

Untuk menyediakan keberadaan sebuah website, maka harus tersedia unsur- unsur penunjangnya, adalah sebagai berikut:

1. Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)

Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contohnya adalah http://www.fajardaulay.com. Jika di dunia nyata, nama domain diibaratkan nama sebuah jalan. Contoh: Jl. STM No. 12 E Medan.

Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Salah satu penyedia nama domain adalah niagahoster. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).

2. Rumah tempat website (Web hosting)

Pengertian Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website. Web Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Jika di dunia nyata, web hosting diibaratkan sebagai flasdisk yang berfungsi untuk menyimpan data baik dokumen, gambar maupun video. 

Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Salah satu penyedia web hosting adalah niagahoster.

3. Bahasa Program (Scripts Program)

Scripts adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam Bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. Jenis jenis bahasa program yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs. Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri. Bahasa program ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

4. Desain website

Setelah melakukan penyewaan domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program), unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.

Untuk membuat website biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa website designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.

Fungsi Web

Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Fungsi komunikasi

Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.

2. Fungsi informasi

Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sepertio shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference,dll.

3. Fungsi entertainment

Situs web juga dapat memiliki fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.

4. Fungsi transaksi

Situs web dapat dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

 

27 comments:

  1. Meteri sangat mudah untuk dimengerti

    ReplyDelete
  2. Siti aminah lubis

    Penjelasan di atas sangat jelas dan mudah di fahami, selain itu juga di jelaskan bagaimana cara kerja web tersebut sehingga memudahkan kita untuk mengerjakannya.

    ReplyDelete
  3. Sangat lengkap materinya dan lebih luas pengertian nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan dri saya :Jika tidak adanya desain dalam wab apakah yg akan terjadi?

      Terima kasih.

      Delete
  4. Sangat mudah dimengerti dan luas penjelasan nya, selain itu fungsi fungsi web sudah bisa kita mengetahui, dari kita tdr tau apa itu fungsi dan unsur-unsur nya menjadi tau, pokoknya sangat mudah lah sya mengerti materinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kita harus mengetahui unsur unsur tentang web

      Delete
  5. Mutia Arzetti

    Materi nya sangat lengkap. Kita bisa mengetahui dan mempelajari tentang website dengan hanya membaca artikel ini. Pengertian nya juga sangat lengkap. Terimakasih banyak, Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MUTIA ARZETTI

      Pertanyaan dari saya,
      Sebutkan 2 bagian utama dalam web !

      Terima Kasih.

      Delete
  6. Materinya sangat lengkap dan jgk sangat mudah dimengerti dan dipahami selain itu wabsate jgk memiliki fungsi yg bermacam" dan dari fungsi itu kita bisa tau apa kegunaan dari web tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan dari saya yaitu;
      Apa tujuan dari web tersebut?

      Terima kasih

      Delete
  7. NADILASYAH PUTRI

    Materinya sangat mudah dimengerti oleh siswa,dan penjelasan di dalamnya sangat lengkap.

    ReplyDelete
  8. Dela syahprila.s

    Materinya sangat lengkap dan jgk sangat mudah dimengerti dan dipahami selain itu wabsate juga memiliki fungsi yang bermacam" dan dari fungsi itu kita bisa tau apa kegunaan dari web tersebut.



    Pertanyaan saya;
    Apa tujuan dari wab tersebut.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum warahmatullahi,saya STEFFANY dari XI BDP 1
    Materi tersebut sangat lengkap penjelasannya sehingga mudah untuk dipahami dan dimengerti.
    Pertanyaan dari saya yaitu : Apa sebutan halaman Web yang di tempatkan di depan situs web

    ReplyDelete
  10. Yuliana syafitri

    Dengan adanyah pengertian dan materi yang lengkap tentang website membuat orang yang membacanyah akan mudah memahami materi tentang website tersebut yang memiliki fungsi dan kegunaan yg banyak untuk semua orang


    Pertanyaannyah dari saya : kenapa murid/siswa perlu mengetahui tentang website? Jelaskan!
    Adakah manfaat yang penting jika siswa mempelajari dan memahami materi tentang website?

    ReplyDelete
  11. materi tersebut mudah Dipahami sehingga membuat penjelasan yang ada di website nya lengkap yang membuat orang yang membacanya mudah untuk dimengerti

    Pertanyaan dari saya:
    apa perbedaan antara webpage, website, web sever dan search engine?

    ReplyDelete
  12. NANDA ANNISA PUTRI

    Menurut pendapat saya tentang materi website tersebut yaitu mudah dipahami dan penjelasan tersebutpun bisa dipahami atau di mengerti dengan cepat.


    Pertayaannya : Pertanyaan dari saya yaitu bagaimana mempublikasikan website

    ReplyDelete
  13. Nama :Salsabila Nurhayani
    Pertanyaan :
    •Bagaimana sistem keamanan pada website? Apakah cukup aman?

    ReplyDelete
  14. Nama : Sri Wahyuni
    Pertanyaan:
    Jelaskan pengertian web menurut Suwanto Raharjo SSi,M.Kom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Dinda kartika putri
      jawaban dari pertanyaan sri wahyuni:
      menurut suwanto raharjo, layanan web adalah salah satu internet yg paling banyak dipergunakan dibandingkan dgn layanan lain seperti ftp,gopher,news atau bahkan email

      Delete
  15. Nama: Dwi Septi amanda
    Saya akan menjawab pertanyaan dari sri wahyuni:
    Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

    ReplyDelete
  16. Nama:putri limbong
    Pertanyaan:sebutkan unsur-unsur penunjang untuk menyediakan keberadaan sebuah website!

    ReplyDelete
  17. Mutia rahma yeni, jawaban dari putri limbong:
    Unsur-unsur penunjang untuk menyediakan keberadaan website yaitu:
    1.Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
    2.Rumah tempat website (Web hosting)
    3.Bahasa Program (Scripts Program)
    4.Desain website

    ReplyDelete
  18. Nama:Nanda Dwi Jayanti
    Pertanyaan:Apa itu website dan bagaimana cara kerjanya?

    ReplyDelete
  19. Nama:Mitha Adelina Sari Lubis
    Jawaban dari pertanyaan Sri Wahyuni:
    Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

    ReplyDelete
  20. Pertanyaan puja Yolanda: sebutkan pengertian website menurut para ahli

    ReplyDelete
  21. Nama:syazlina natasha sham
    Pertanyaan
    Apa fungsi transaksi bagi web?

    ReplyDelete
  22. Pertanyaan Putri Aprilia Rangkuti : Jika tidak ada desain dalam web, Apakah yang akan terjadi?

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.