IKLAN PPC


Internet yang menyediakan platform yang besar untuk iklan produk dan layanan online. Pengiklan di seluruh dunia telah menunjukkan minat dalam membuat baik penggunaan Internet yang mana hari ini untuk memasarkan berbagai produk dan mempercepat kegiatan bisnis mereka dengan menjangkau banyak pengguna.

Anda mungkin menyadari metode konvensional mendorong pemasaran yang melibatkan penggunaan brosur, iklan televisi, iklan radio, spanduk, tagihan, dll dimana orang yang didorong untuk, mendengar, dan melihat produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Sangat bertentangan dengan model tradisional, metode terbaru marketing internet  melibatkan teknik-teknik yang inovatif untuk menangkap lebih banyak bola mata dan menarik lalu lintas online untuk mengunjungi, mendengarkan, melihat, atau membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini dilakukan melalui model yang sekarang menjadi secara luas dianggap sebagai Pay Per Click (PPC). Ini adalah model sukses untuk iklan internet yang mengarahkan lalu lintas online ke situs web tertentu, di mana pengiklan membayar penerbit jumlah tertentu saat iklan mereka diklik.

Pada postingan kali ini akan memberikan pengenalan dari PPC sebagai konsep dan menjelaskan peran entitas yang terlibat dalam alur kerja seluruh PPC periklanan.

Apa itu PPC?

PPC adalah singkatan dari pay-per-click. Ini adalah jenis digital marketing dimana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan mereka diklik. PPC bisa dibilang sebagai cara untuk membeli visit atau kunjungan ke website Anda dan bukan mendapatkan traffic website secara organic.

Pay Per Click (PPC) adalah sistem periklanan internet yang dimaksudkan untuk mengarahkan lalu lintas online untuk situs web tertentu di mana pengiklan membayar penerbit harga tertentu ketika iklan yang diklik.

PPC berdiri untuk membayar Per klik. Ini adalah model pemasaran internet dimana pengiklan menggunakan penayang situs web untuk memasarkan produk atau layanan melalui iklan. Penerbit dibayar oleh pengiklan tertentu bila pengguna mengklik iklan mereka. Ini adalah pemasaran internet jenis membeli kunjungan pengguna ke situs.

PPC sendiri terdiri dari beberapa macam iklan, yaitu:

Search advertising.

Search advertising adalah salah satu jenis PPC yang paling terkenal. Anda sendiri pasti pernah melihatnya. Ini adalah jenis iklan yang muncul di search engine result page atau halaman hasil pencarian seperti misalnya Google dan Bing. Kalau Anda mencari sesuatu di Google, mungkin Anda sadar bahwa hasil yang berada di atas memiliki logo “Ad” kecil di depannya, seperti gambar di bawah ini:

Ini adalah iklan dan kalau Anda klik, pemasang iklan tersebut baru akan membayar biaya advertisingnya. Jenis PPC yang satu ini memang bisa dibilang sebagai jenis PPC yang paling cepat menghasilkan traffic website. Untuk melakukan search advertising di Google, Anda bisa memanfaatkan produk advertising Google yaitu Google Ads. Ini akan dibahas lebih lanjut di artikel ini.

Social advertising.

Anda juga mungkin pernah melihat iklan saat Anda sedang scroll feed Instagram atau Facebook Anda.

Meskipun sering dikategorikan sebagai social media marketing, ini juga sebenarnya merupakan bagian dari PPC. Sama halnya dengan search advertising, Anda juga hanya akan membayar jika ada yang mengklik link yang Anda sertakan di postingan social media tersebut.

Remarketing.

Mungkin Anda pernah mengunjungi sebuah website dan melihat iklan mereka muncul di website lain atau feed social media Anda; ini adalah remarketing. Ini juga menjadi salah satu metode PPC yang dianggap paling efektif karena strategi ini menargetkan orang-orang yang memang sudah tertarik dengan website, brand, atau bisnis Anda. Remarketing bersifat mengingatkan pengunjung website agar kembali lagi ke website Anda dan melakukan transaksi.

Display advertising.


Display advertising memperlihatkan iklan Anda di semua website partner Google. Anda bisa memilih audience iklan agar lebih tepat sasaran. Dengan begini Anda tidak membuang waktu dan biaya. Dengan menggunakan text dan gambar, iklan Anda tentunya akan menjadi lebih menarik.

Google shopping.

Kalau Anda sedang mencari barang di Google, Anda mungkin pernah melihat kotak-kotak yang mengarahkan Anda ke halaman produk yang Anda cari di berbagai website e-commerce, seperti gambar di bawah ini:

Jika bisnis Anda bergerak di bidang e-commerce, Google Shopping bisa sangat membantu karena pembeli dapat melihat langsung gambar barang, nama produk, dan harganya sebelum mereka masuk ke website Anda. Dengan ini, kemungkinan terjadinya transaksi menjadi lebih tinggi dan return on investment (ROI) Anda bisa menjadi lebih maksimal.

Mungkin ada dari Anda yang berpikir mengapa kita perlu melakukan PPC kalau Anda bisa mendapatkan traffic secara organic dan gratis? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda juga perlu melakukan PPC untuk memaksimalkan traffic website yang Anda dapatkan.

Target customer yang lebih tepat 

Memasang iklan dengan PPC memperbolehkan Anda untuk menargetkan audience dengan lebih tepat. Ada banyak pilihan saat Anda mengatur iklan pay-per-click Anda misalnya berdasarkan demographics, hobi, dan bahkan device apa yang mereka gunakan. Karena sekarang semakin banyak orang yang mengakses website dari smartphone, ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Selain itu, Anda juga bisa melakukan re-targeting (yang dilakukan di remarketing) untuk menarik kembali orang yang sudah mengunjungi website kita agar mereka melakukan transaksi.

Budget yang lebih terkontrol 

Memasang iklan biasanya memakan biaya yang besar. Kalau Anda menggunakan PPC, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengkontrol budget PPCnya. Dengan PPC, Anda bisa mengatur budget bulanan dan hariannya agar Anda tidak kelewatan budget. Selain itu, budget pay-per-clicknya bisa Anda edit dan sesuaikan kapan saja. Jadi kalau Anda ingin menambahkan budget Anda setelah melihat hasil yang postif, Anda bisa melakukannya kapan saja. Semakin tinggi budget Anda, semakin sering ads Anda akan muncul. Terkadang keyword yang lebih banyak digunakan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Return on Investment (ROI) yang lebih besar 

Salah satu alasan mengapa PPC popular adalah karena Anda hanya perlu membayar jika ada yang mengklik iklan Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan PPC, kemungkinan besar Anda akan mendapat ROI yang lebih besar. Iklan berbayar ini bekerja lebih efektif karena audience iklannya sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Berpengaruh baik untuk SEO 

Aturan SEO selalu berubah-ubah karena Google sering mengubah dan mengupdate algoritma SEO. Pay-per-click bisa membantu SEO website Anda jika Anda lakukan secara bersamaan. SEO organic membutuhkan waktu untuk bisa selalu muncul di halaman pertama Google. Sementara PPC akan memberi Anda hasil instan. Anda bisa langsung muncul di ranking pertama halaman hasil pencarian untuk keyword Anda. PPC juga bisa menjadi riset untuk mencari keyword mana yang menghasilkan pengunjung website paling banyak. Nantinya keyword ini bisa Anda gunakan di strategi SEO Anda.

Sumber:

https://www.dewaweb.com/blog/ppc/

http://www.gustisearch.com/p/blog-page_4.html

https://www.kapalomen.com/2016/06/ppc-pay-per-click-periklanan-yang-membayar-pengunjung-bayar-per-klik.html

https://www.ecwid.com/id/blog/how-to-sell-on-google-shopping.html


28 comments:

  1. Iklan ppc yang memiliki fungsi kegunaaan yang sangat penting dalam pemasaran dan iklan juga memiliki banyak macam sehingga pihak pemasaran bisa dengan leluasa memilih jenis iklan yang diinginkan. Dengan adanyah iklan ppc anda akan mudah untuk menemukan target/sasaran yang tepat dan banyak dan juga dapat untung yg banyak.

    ReplyDelete
  2. Iklan ppc yang memiliki fungsi kegunaaan yang sangat penting dalam pemasaran dan iklan juga memiliki banyak macam sehingga pihak pemasaran bisa dengan leluasa memilih jenis iklan yang diinginkan. Dengan adanyah iklan ppc anda akan mudah untuk menemukan target/sasaran yang tepat dan banyak dan juga dapat untung yg banyak.

    ReplyDelete
  3. Siti aminah lubis

    Penjelasan materi pcc ini sangat jelas untuk difahami dan sangat membantu dalam pemasaran.

    ReplyDelete
  4. Nama :Salsabila Nurhayani
    Pertanyaan :
    •Bagaimana cara menargetkan iklan ppc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama :Dinda kartika putri
      jawaban dari pertanyaan Salsabila nurhayani:
      penargetan penempatan saja, jika anda menargetkan penempatan hanya diyoutube atau jaringan display, iklan anda kini akan valid untuk berjalan pada keduanya.Sebagai pengecualian untuk kali ini saja, grub iklan tanpa penargetan yg sudah ada akan dijeda secara otomatis untuk memastikan grub iklan ini tidak menayangkan iklan yg tidak ingin anda tampilkan.Kedepannya,anda bisa menjeda secara manual grub iklan yg belum siap menayangkan iklan

      Delete
  5. Nama:putri limbong
    Pertanyaan:coba jelaskan secara jelas apa itu PPC?dan apa kegunaannya iklan yang berada di ppc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mutia rahma yeni, jawaban dari pertanyaan putri limbong:
      Pay Per Click (PPC) adalah sistem periklanan internet yang dimaksudkan untuk mengarahkan lalu lintas online untuk situs web tertentu di mana pengiklan membayar penerbit harga tertentu ketika iklan yang diklik.
      *Iklan ppc yang memiliki fungsi kegunaaan yang sangat penting dalam pemasaran dan iklan juga memiliki banyak macam sehingga pihak pemasaran bisa dengan leluasa memilih jenis iklan yang diinginkan. Dengan adanyah iklan ppc anda akan mudah untuk menemukan target/sasaran yang tepat dan banyak dan juga dapat untung yg banyak.

      Delete
  6. Nama : Sri Wahyuni
    Pertanyaan :
    Apa yang dimaksud dengan search advertising dan apa manfaatnya?

    ReplyDelete
  7. Nama:Nanda Dwi Jayanti
    Pertanyaan:Didalam iklan PPC terdiri dari Search advertising.Apa itu Search advertising?

    ReplyDelete
  8. Nama:Dwi septi amanda
    Jawaban dari Nanda dwi jayanti:
    Search advertising adalah salah satu jenis PPC yang paling terkenal. Anda sendiri pasti pernah melihatnya. Ini adalah jenis iklan yang muncul di search engine result page atau halaman hasil pencarian seperti misalnya Google dan Bing. Kalau Anda mencari sesuatu di Google, mungkin Anda sadar bahwa hasil yang berada di atas memiliki logo “Ad” kecil di depannya, seperti gambar di bawah ini:

    ReplyDelete
  9. Nama:Mitha Adelina Sari Lubis
    Jawaban dari pertanyaan putri Limbong:PPC adalah singkatan dari pay-per-click. Ini adalah jenis digital marketing dimana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan mereka diklik. PPC bisa dibilang sebagai cara untuk membeli visit atau kunjungan ke website Anda dan bukan mendapatkan traffic website secara organic.
    Pay Per Click (PPC) adalah sistem periklanan internet yang dimaksudkan untuk mengarahkan lalu lintas online untuk situs web tertentu di mana pengiklan membayar penerbit harga tertentu ketika iklan yang diklik.
    Kegunaan iklan yang berada di PPC sebagai media promosi yang menujukan ke sasaran yang tepat

    ReplyDelete
  10. Pertanyaan puja yolanda: mengapa kita harus memilih audience iklan agar lebih cepat sasaran?

    ReplyDelete
  11. Nama:syazlina natasha sham
    Pertanyaan
    Jelaskan apa itu display advertising?

    ReplyDelete
  12. Nama:syazlina natasha sham
    Pertanyaan
    Jelaskan apa itu display advertising?

    ReplyDelete
  13. Pertanyaan Putri Aprilia Rangkuti : Apakah alasan mengapa PPC popular?

    ReplyDelete
  14. Siti nafilla
    Xl bdp 1

    Artikel ini telah memudahkan saya dlm pengerjaan tugasnya dan kata-kata yg di berikan jg cukup di pahami,terimakasih pak karna telah memudahkan kami sebagai pelajar

    ReplyDelete
  15. pertanyaan Salsa Tri Nurjana : apa manfaat dari ppc?

    ReplyDelete
  16. DIRA AMANDA HARAHAP
    XI BDP 1

    Iklan ppc yang memiliki fungsi kegunaaan yang sangat penting dalam pemasaran dan iklan juga memiliki banyak macam sehingga pihak pemasaran bisa dengan leluasa memilih jenis iklan yang diinginkan, Artikel ini telah memudahkan saya dlm pengerjaan tugasnya dan kata-kata yg di berikan jg cukup di pahami, terimakasih.

    ReplyDelete
  17. Kanaya Bunga Jasmine Simatupang
    XI BDP 1
    Iklan PPC ini memiliki fungsi yg sangat penting dalam pemasaran,saya jadi paham tentang iklan PCC INI

    ReplyDelete
  18. Dian shafinas
    X BDP 1
    Iklan PPC ini berfungsi mengarahkan lalu lintas online untuk situs web tertentu di mana pengiklan membayar penerbit harga tertentu ketika iklan yang diklik.dari artikel ini saya dapat mengerti tentang apa itu iklan PPC.

    ReplyDelete
  19. AYU WULANDARI
    XI BDP 1

    Iklan PPC juga lebih terjangkau bagi perusahaan yang menyediakan konten yang relevan dan bermanfaat. Semakin efektif bisnis dalam melayani kebutuhan pengguna, semakin sedikit mesin pencari yang akan membebankan biaya kepada mereka untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

    ReplyDelete
  20. Putri Ramadhani
    XI BDP 1
    Untuk para pengusaha yang ingin menunjukkan produknya di dunia luar iklan PPC sangat bagus apa lagi hampir di seluruh dunia menggunakan media elektronik

    ReplyDelete
  21. Fitra Maisya Putri
    XI BDP 1
    Iklan PPC ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam pemasaran, saya jadi paham tentang iklan PCC INI

    Pertanyaan:
    Mengapa Pcc sangat populer?

    ReplyDelete
  22. Putri khairani lubis
    XI BDP-1
    Karna saya membaca artikel ini jadi lebih paham bahwa iklan PPC memiliki peran penting dlm pemasaran.

    ReplyDelete
  23. The most great of plans even require change with the progression of time. You should appropriately show yourself so you can deliver significant projects for your site. https://www.sandeepmehta.co.in/affordable-seo-services-delhi/

    ReplyDelete
  24. More modest organizations will more often than not use PPC programs a less because of time and spending plan limitations. www.okianomarketing.com/

    ReplyDelete
  25. Sebutkan informasi mengenai contoh iklan PPC dan buatlah rangkuman dari informasi yang didapatkan!

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.