Game-Based Education

PKWU 100 Adopsi Kuis Family 100

Ide membuat Kuis PKWU 100 ini bermula saat saya melihat tayangan di sebuah reel FB tentang kuis Family 100 yang dibawakan oleh Irfan Hakim sebagai host dan pesertanya Nunung dan Komeng. Tanpa sadar saya langsung tertarik membuat Kuis PKWU 100 ini. Selain itu, pada Pembatik level 2, saya telah mempelajari Modul 5 - Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital. Salah satu model pembelajaran yang menarik perhatian saya adalah Model Pembelajaran Game-Based Learning.

Muncul dalam benak saya, apa bisa saya mengadopsi Kuis Family 100 ke dalam pembelajaran. Namun, untuk membuatnya tidak seindah yang saya bayangkan. Saya bingung bagaiamana cara membuatnya. Aplikasi apa yang harus saya gunakan? Bagaimana membuatnya harus realtime? Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus berada di benak saya.

Setelah memperhatikan lebih detail tampilan Kuis Family 100, maka saya berinisiatif untuk menggunaan Canva sebagai aplikasi untuk mendesain interface Kuis PKWU 100. Namun, sebelum mendesain. Saya memfoto mural yang ada di kamar Edutel SIKK dan menjadikannya sebagai background desain saya di Canva. Setelah beberapa hari, interface kuis tersebut dapat saya selesaikan. Masalah selanjutnya adalah bagaimana membuat jawaban yang real time?

Butuh beberapa hari untuk menyelesaikannya. Ketika ngobrol-ngobrol dengan Pak Ibrahim selaku guru komputer saya jadi teringat ketika bekerja sama dengan beliau saat membuat SKTL dengan menggunakan aplikasi Ms. Excel. Ketika itu saya bertanya tentang rumus Vlookup. Maka saya berinisiataf untuk menggunakan Google Sheet untuk membuat datanya real time. Alhamdulillah saya berhasil membuat Kuis PKWU 100 dan mengimplementasikannya di kelas. Hal yang saya lakukan agar Kuis PKWU 100 ini berhasil diimplementasikan adalah sebagai berikut:

Tahap Pembuatan Kuis PKWU 100:

  1. Saya mencermati Kembali bagaimana tampilan dari Kuis Family 100. Hal ini bertujuan agar saya dapat mendesain interface yang mirip dengan kuis tersebut.
  2. Saya mencari desain yang berhubungan dengan Indonesia untuk dijadikan background. Alhamdulillah saya dapatkan dari mural yang ada di salah satu kamar Edutel SIKK.
  3. Saya mendesain interface Kuis PKWU 100 dengan menggunakan Aplikasi Canva. 
  4. Saya menggunakan Google Sheet untuk data real time. 

Tahap Uji Coba Kuis PKWU 100:

Saya melakukan uji coba secara terbatas untuk mengetahui apakah kuis ini sudah dapat digunakan atau masih ada yang harus diperbaiki. Adapun hasil uji coba adalah sebagai berikut:
  1. Ketika data sudah di isi di Google Sheet, datanya tidak langsung muncul di slide jawaban pada presentasi Canva. Harus di refresh agar muncul. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menambahkan slide “Survey Membuktikan” lalu Kembali lagi ke slide jawaban. Alhamdulillah datanya muncul.
  2. Pengisian jawaban dengan menggunakan kata-kata cukup memakan waktu sehingga dibutuhkan cara yang lebih simple. Solusi dari permasalahn ini adalah saya menggunakan nomor urut dari jawaban. Allhamdulillah, waktu untuk mengetik jawaban lebih cepat.
Setelah selesai ujicoba dengan Aplikasi Kuis PKWU 100. Langkah selanjutnya adalah uji coba permainan. Ada sedikit kendala yang saya hadapi. Saya harus mempersiapkan bel untuk peserta. Untuk mengatasi masalah ini, saya jalan-jalan ke DIY yang merupakan salah satu Hardware store yang ada di dekat rumah saya. Alhamdulillah, saya menemukan bel dengan dua tombol. Bel ini sangat sesuai dengan keinginan saya.  

Tahap Implementasi Kuis PKWU 100:

Setelah selesai melakukan uji coba, maka saya memutuskan untuk mengimplementasikannya ke dalam kelas. Selasa, 08 Oktober 2024 merupakan hari Dimana saya berhasil mengadopsi dan mengimplementasikannya di dalam kelas saya. Selain itu, hal ini terasa sangat Istimewa dikarenakan kelas saya sedang dikunjungi oleh siswa dari SMK IDN Bogor. Siswa tersebut juga berpartisipasi dalam kuis ini. Kesuksesan implementasi kuis ini di dalam dikarenakan adanya penjelasan terkait dengan pelaksanaan kusi tersebut. Adapun Langkah-langkah implementasi di dalam kelas adalah sebagai berikut:
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan.
  2. Memberikan materi yang akan mereka pelajari. Berdasarkan materi tersebut jawaban Kuis PKWU 100 dibuat.
  3. Memberikan penjelasan tentang aturan main Kuis PKWU 100.
  4. Membagi siswa ke dalam empat tim. Setiap tim terdiri dari empat orang.
  5. Saya menggunakan website https://wheelofnames.com/id/ untuk menentukan anggota tim dalam satu kelompok. 
  6. Bagi tim yang tidak tampil, maka mereka akan berperan sebagai supporter salah satu tim yang bertanding.
  7. Saya juga meminta bantuan siswa yang tidak tampil atau yang sudah tampil untuk menjadi operator. Tugasnya adalah memindahkan antara satu slide ke slide berikutnya. Ini juga merupakan salah satu hal yang akan saya perbaiki untuk kedepannya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli laser pointer.
  8. Tim yang tampil adalah Tim A vs Tim B dan Tim C vs Tim D. Pertandingan ini menggunakan system gugur. Pertandingan  antara Tim A dan Tim B dimenangkan oleh Tim A. Sedang kan pertandingan antara Tim C dan Tim D dimenangkan oleh Tim D. Pada babak final bertemu Tim A dan Tim D.  Pertandingan antara Tim A dan Tim D dimenangkan oleh Tim A. 
  9. Peserta didik sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran sesi ini. 

Pihak-pihak yang terlibat:

  1. Saya, sebagai guru Projek Kreatif dan Kewirausahaan sekaligus host pada kegiatan Kuis PKWU 100. Saya juga mendesain Kuis PKWU 100 dengan menggunakan aplikasi canva dan Google Sheet.
  2. Siswa selaku operator yang menjalankan presentasi.
  3. Siswa selaku kameramen.
  4. Siswa-siswi 11 APP selaku peserta kuis PKWU 100.

Cuplikan Implementasinya di dalam kelas



Desain PKWU 100 dengan menggunakan Canva
pkwu oleh FAJAR EFENDI DAULAY

No comments:

give comment ya

Powered by Blogger.