SEO


 

Semakin berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya. Salah satunya adalah menjalankan bisnis secara online. Bisnis dalam skala kecil maupun skala besar masing-masing berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya melalui web dan jumlahnya sangat besar. Persaingan bisnis di Internet sangat pana s hingga kehadiran search engine dianggap menjadi salah satu solusi agar website dapat ditemukan dengan mudah. Sampai disini persaingan belum berhenti karena listing web di search engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan kemenangan berada di halaman pertama sebagai hasil pencarian melalui SEO. Ada ratusan ribu bahkan jutaan list dalam sekali tampilan halaman setelah pengunjung mengetikkan keyword tertentu. Tentunya pengunjung jarang melihat ke halaman-halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa yang pertama kali dilihat pada halaman pertama hasil pencarian. Inilah yang memicu persaingan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama, karena peringkat tersebut berarti kemungkinan traffic pengunjung yang berlimpah.

Ada beberapa hal yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus, diantaranya :

  • Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar
  • Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness). Meskipun pada awalnya tidak bergitu berefek pada tingkat penjualan, namun brand awareness dapat menjadi tolak ukur eksistensi perusahaan, produk atau web di mata publik. Mereka akan mengenal dengan baik web, perusahaan dan produk/layanan anda. Pada perjalanan panjangnya anda akan menemukan selling point yang tepat guna meningkatkan jumlah penjualan dan daya jual produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Visibilitas dan Otoritas. SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka waktu yang relatif panjang, tentunya bila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat) karena cara-cara yang buruk seperti spamming, keyword stuffing, cloaking, membuat dooway pages dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya akan melukai website anda. Efek SEO curang dalam jangka waktu pendek akan mendapat penalti sangat besar, sehingga usaha brand building yang sedang dilakukan dapat rusak jika situs telah dicap sebagai spammer.
  • Revenue atau ROI tinggi. Kampanye SEO yang dilakukan dengan baik dan efisien akan memberikan ROI atau hasil investasi jauh lebih besar dibanding kampanye-kampanye marketing/advertising lainnya., karena SEO tidak membutuhkan biaya apapun kecuali jika anda menggunakan jasa SEO. Ada satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan jasa SEO, pastikan benar yang mengerti tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis anda kedepannya.

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang kita ketik pada mesin pencari. Mesin Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style) :

Memahami prinsip kerja search engine merupakan awal yang baik untuk menguasai SEO lebih jauh. Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diinginkan. Bagaimana google dapat menemukan halaman-halaman web yang sesuai dengan query tersebut? Bagaimana pula cara google menentukan urutan-urutan list dalam hasil pencarian?

Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing dan serving/delevering.

Crawling (Perayapan) 

Crawling atau perayapan adalah proses googlebot (bisa juga disebut sebagai robot, bot spider, spiderbot) mencari halaman-halaman baru atau yang diupdate untuk ditambahkan ke dalam indeks google. Google menggunakan beberapa set komputer untuk mengambil (merayapi) miliaran halaman web. Program googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan situs atau halaman web mana saja yang akan dirayapi, seberapa sering perayapan (crawl) dilakukan dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah web.

Proses perayapan google diawali dari list URL halaman web yang didapat dari proses crawling sebelumnya ditambah dengan referensi sitemap yang didaftarkan oleh para webmaster. Ketika googlebot mengunjungi masingmasing halamaan website, dia akan menemukan link-link baru sebagai rujukan untuk ditambahkan ke dalam halaman indeks guna proses perayapan selanjutnya. Perubahan pada website atau halaman website, dan link-link mati (dead links) atau rusak (broken links) menjadi referensi untuk mengupdate indeks dengan hasil terbaru. Googlebot dijalankan dari beberapa mesin sekaligus untuk meningkatkan performa dan proses. Hal ini disebabkan web terus berkembang dan halaman web yang harus di-crawl semakin bertambah. Mesin-mesin yang mendistribusikan googlebot tersebut letaknya tersebar di beberapa titik server. Tujuannya agar proses crawling suatu website cepat dilakukan melalui server terdekat dengan website tersebut

Indexing (Proses Pengindeks-an) 

Googlebot kemudian memproses masingmasing halaman yang dirayapinya untuk, mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan kedalam sebuah indeks besar. Selain teks atau kata, google juga memproses segala informasi atau tipe konten yang terdapat pada halaman web, baik dalam bentuk tag-tag script seperti : p (paragraph), a (link), head, body, meta, title dan lainlain juga atribut alt, rel, href, dan lain-lain. Namun googlebot tidak dapat membacca dan memproses tipe file rich content seperti flash atau frame dan halaman-halaman dinamis.

Serving/Delevering (Menampilkan Hasil Pencarian) 

Ketika user google mengetikkan keyword tertentu di kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai list hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya google sebagai hasil yang paling relevan bagi user. Semakin besar nomor urutan listing (semakin kebawah) semakin kecil nilai relevansinya. Tentu relevansi tidak hanya didasarkan pada keyword, tapi juga 200 an faktor salah satunya adalah PageRank. PageRank ini berkaintan dengan SERP yang selalu berubah setiap harinya, bahkan setiap jam. Selain PageRank faktor lain yang sangat berpengaruh diantaranya; struktur/navigasi web, isi web(konten), popularitas web/link, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan ranking pencarian yang baik anda harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan website terlebih dahlulu atau menjadi prinsip dasar SEO, yaitu memastikan bahwa googlebot dapat merayapi seluruh konten halaman webiste dengan baik, yang semuanya berkaitan dengan onpage SEO, misalnya penggunaan sitemap xml, sitemap HTML, menyusun strukur web yang komprehensif, penggunaan meta descrription dan title serta kualitas konten yang baik.

3 Keyword Dalam SEO

Riset keyword adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan Search Engine Optimizaton, jika situs anda memasang keyword yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website anda. Proses riset keyword dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini:

1. Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut

Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Pikirkan semua kata-kata yang akan di ketikkan visitor dalam kotak search google atau search engine lainnya untuk menemukan website anda.

2. Gunakan Tool Riset Keyword

Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang butuhkan. Sebagai contoh : anda hendak memasang keyword "tutorial photoshop", sebelumnya anda tidak tahu berapa nilai persaingan, dari keyword "tutorial photoshop" tersebut, semakin tinggi nilai persaingan maka semakin banyak visitor mencari keyword tersebut. Bagaimana caranya? Nah dalam mencari perbandingan nilai keyword kita dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet, ada yang gratis dan ada yang bayar, Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.

3. Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi

Dibagian ini anda tahu sendiri apa yang harus nya di lakukan, apakah memilih keyword yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah (Niche market).

Siapkan langkah dalam menuliskan keyword-keyword tersebut pada:

a. Title Tag 

Gunakan keyword utama pada title halaman web. Isi dari tag sangat berpengaruh pada rangking search engine. Tips menulis title :

Panjang : Judul tag harus maksimal 70 karakter , termasuk spasi . Penempatan Keyword : kata yang paling penting Anda ( kata kunci ) harus menjadi yang pertama dalam tag judul Anda, sehingga kata penting harus diurutkan mulai dari kata yang terpenting dalam tag judul. Namun, jika Anda bekerja dalam bahasa yang dibaca dari kanan - ke - kiri , maka harus dibalik juga.

Keyword Pemisahan : Gunakan pipa | untuk memisahkan frase kata kunci tidak ada koma , garis bawah , tanda hubung atau tanda baca lain kecuali kata kunci yang ditulis dalam bentuk kalimat. Jauhkan frase penting Anda pendek dan sederhana . Tinggalkan katakata yang akan membuatnya membaca seperti kalimat . ( misalnya, dan , jika , tapi , kemudian , dan lain-lain )

Nama Perusahaan : Jika nama perusahaan Anda bukan bagian frasa yang penting ( kata kunci ) , letakkan pada akhir tag judul , jika itu adalah bagian dari kata-kata penting Anda , letakkan sebagai kata-kata pertama dalam tag judul . Beberapa SEO akan memberitahu Anda untuk meninggalkan saja. Anda dapat meninggalkan untuk keperluan branding - sehingga orang akan melihat merek dan klik . Ini tidak berlaku untuk semua situs .

JANGAN duplikat Judul Tags : Mereka harus ditulis berbeda untuk setiap halaman . Jangan meniru tag judul Anda Relevan : Judul tag harus ditulis untuk menjadi deskriptif konten pada halaman. Misalnya : About | Important Keywords | Company Name

b. Meta Description Tags 

Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web Anda. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut :

c. Meta Keywords Tag 

Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine. Sintak dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut : Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini juga akan dianggap spamming.

 

 

 

 

34 comments:

  1. Nama : Nanda Annisa Putri
    Kelas. : XI BDP 2


    Kesimpulan yang saya bisa tuliskan tentang SEO yaitu SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website. Optimasi ini memungkinkan search engine atau mesin telusur dalam menilai apakah suatu website layak ditampilkan diposisi teratas hasil pencarian atau tidak.Dan Semakin berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya. Salah satunya adalah menjalankan bisnis secara online. Bisnis dalam skala kecil maupun skala besar masing-masing berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya melalui web dan jumlahnya sangat besar.Ada ratusan ribu bahkan jutaan list dalam sekali tampilan halaman setelah pengunjung mengetikkan keyword tertentu. Tentunya pengunjung jarang melihat ke halaman-halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa yang pertama kali dilihat pada halaman pertama hasil pencarian.
    Ada beberapa hal yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus, diantaranya :
    - Ranking dan traffic
    - Brand awarennes meningkat
    - visibilitas dan otoritas
    - Revenue atau ROI tinggi

    SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang kita ketik pada mesin pencari. Mesin Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style).Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut:
    a. Crawing (perayapan)
    b. Indexing ( proses pengindeks)
    c. Serving / delivering (menampilkan hasil pencarian).

    3. Keyword Dalam SEO
    Riset keyword adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan search engine optimisation. Proses riset keyword dapat dijabarkan dalam beberapa poin berikut ini :
    1. Ciptakan daftar keyword dan cek
    daftar tersebut
    2. Gunakan tool riset keyword
    3. Pastikan daftar keyword anda
    sekali lagi.
    Siapkan langkah dalam menuliskan keyword-keyword tersebut pada :
    a. Title Tag
    Gunakan keyword utama pada title halaman web.
    b. Meta Description Raga

    Sekian dari hasil kesimpulan yang saya tuliskan terima kasih:)

    ReplyDelete
  2. Yuliana syafitri
    XI BDP 2

    Kesimpulan saya mengenai SEO yaitu SEO memiliki fungsi atau kegunaan yang penting bagi seorang pengusaha, SEO sediri memiliki arti yaitu SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website. Satu hal yang harus Anda pahami, SEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya Anda harus terus-menerus mengoptimasi website. Untuk melakukannya, Anda wajib memahami cara kerja mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website yang didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu.
    Ada beberapa hal yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus, diantaranya :
    •Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar
    •Brand awareness meningkat.
    •Visibilitas dan Otoritas.
    •Revenue atau ROI tinggi.
    Ada satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan jasa SEO, pastikan benar yang mengerti tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis anda kedepannya.
    SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang kita ketik pada mesin pencari. Mesin Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style)
    Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diinginkan. Bagaimana google dapat menemukan halaman-halaman web yang sesuai dengan query tersebut? Bagaimana pula cara google menentukan urutan-urutan list dalam hasil pencarian?
    Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing dan serving/delevering.
    3.:Keyword Dalam SEO
    Riset keyword adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan Search Engine Optimizaton, jika situs anda memasang keyword yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website anda. Proses riset keyword dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini:
    1. Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut
    Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Pikirkan semua kata-kata yang akan di ketikkan visitor dalam kotak search google atau search engine lainnya untuk menemukan website anda.
    2. Gunakan Tool Riset Keyword
    Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang butuhkan.
    3. Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi
    Dibagian ini anda tahu sendiri apa yang harus nya di lakukan, apakah memilih keyword yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah (Niche market).
    Siapkan langkah dalam menuliskan keyword-keyword tersebut pada:
    a. Title Tag
    b. Meta Description Tags
    c. Meta Keywords Tag
    Sekian dari kesimpulan saya tentang materi SEO sekian terimakasih

    ReplyDelete
  3. Nama:sherina putri sham
    Kls:XI bdp2

    SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website atau bisa juga dikatakan seperti ini
    SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya Anda harus terus-menerus mengoptimasi websiteSEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. Semakin berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya.Bisnis dalam skala kecil maupun skala besar masing-masing berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya melalui web dan jumlahnya sangat besar.ada beberapa hal yang harus mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO :Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness).Visibilitas dan Otoritas. SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka waktu yang relatif panjang, tentunya bila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat) karena cara-cara yang buruk seperti spamming, keyword stuffing, cloaking, membuat dooway pages dan praktek-praktek blackhat.Visibilitas dan Otoritas.Ada beberapa hal yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus, diantaranya :
    •Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar
    •Brand awareness meningkat.
    •Visibilitas dan Otoritas.
    •Revenue atau ROI tinggi.
    Ada satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan jasa SEO, pastikan benar yang mengerti tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis anda kedepannya.
    SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang kita ketik pada mesin pencari. Mesin Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style)
    Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diinginkan. Bagaimana google dapat menemukan halaman-halaman web yang sesuai dengan query tersebut? Bagaimana pula cara google menentukan urutan-urutan list dalam hasil pencarian?
    Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing dan serving/delevering.
    3.:Keyword Dalam SEO
    Riset keyword adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan Search Engine Optimizaton, jika situs anda memasang keyword yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website anda. Proses riset keyword dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini:
    1. Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut
    Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Pikirkan semua kata-kata yang akan di ketikkan visitor dalam kotak search google atau search engine lainnya untuk menemukan website anda.
    2. Gunakan Tool Riset Keyword
    Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang butuhkan.
    3. Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi
    Dibagian ini anda tahu sendiri apa yang harus nya di lakukan, apakah memilih keyword yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah (Niche market).
    Siapkan langkah dalam menuliskan keyword-keyword tersebut pada:
    a. Title Tag
    b. Meta Description Tags
    c. Meta Keywords Tag

    Cukup sampai disini kesimpulan materi tentang SEO .terima kasih maaf apabila tulesan atau ketikan saya kurang di mengerti

    ReplyDelete
  4. Serving/Delevering (Menampilkan Hasil Pencarian)

    Ketika user google mengetikkan keyword tertentu di kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai list hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya google sebagai hasil yang paling relevan bagi user. Semakin besar nomor urutan listing (semakin kebawah) semakin kecil nilai relevansinya. Tentu relevansi tidak hanya didasarkan pada keyword, tapi juga 200 an faktor salah satunya adalah PageRank. PageRank ini berkaintan dengan SERP yang selalu berubah setiap harinya, bahkan setiap jam. Selain PageRank faktor lain yang sangat berpengaruh diantaranya; struktur/navigasi web, isi web(konten), popularitas web/link, dan lain-lain.

    Untuk mendapatkan ranking pencarian yang baik anda harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan website terlebih dahlulu atau menjadi prinsip dasar SEO, yaitu memastikan bahwa googlebot dapat merayapi seluruh konten halaman webiste dengan baik, yang semuanya berkaitan dengan onpage SEO, misalnya penggunaan sitemap xml, sitemap HTML, menyusun strukur web yang komprehensif, penggunaan meta descrription dan title serta kualitas konten yang baik.

    3 Keyword Dalam SEO

    Riset keyword adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan Search Engine Optimizaton, jika situs anda memasang keyword yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website anda. Proses riset keyword dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini:

    1. Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut

    Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Pikirkan semua kata-kata yang akan di ketikkan visitor dalam kotak search google atau search engine lainnya untuk menemukan website anda.

    2. Gunakan Tool Riset Keyword

    Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang butuhkan. Sebagai contoh : anda hendak memasang keyword "tutorial photoshop", sebelumnya anda tidak tahu berapa nilai persaingan, dari keyword "tutorial photoshop" tersebut, semakin tinggi nilai persaingan maka semakin banyak visitor mencari keyword tersebut. Bagaimana caranya? Nah dalam mencari perbandingan nilai keyword kita dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet, ada yang gratis dan ada yang bayar, Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.

    3. Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi

    Dibagian ini anda tahu sendiri apa yang harus nya di lakukan, apakah memilih keyword yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah (Niche market).

    Siapkan langkah dalam menuliskan keyword-keyword tersebut

    ReplyDelete
  5. Serving/Delevering (Menampilkan Hasil Pencarian)

    Ketika user google mengetikkan keyword tertentu di kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai list hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya google sebagai hasil yang paling relevan bagi user. Semakin besar nomor urutan listing (semakin kebawah) semakin kecil nilai relevansinya. Tentu relevansi tidak hanya didasarkan pada keyword, tapi juga 200 an faktor salah satunya adalah PageRank. PageRank ini berkaintan dengan SERP yang selalu berubah setiap harinya, bahkan setiap jam. Selain PageRank faktor lain yang sangat berpengaruh diantaranya; struktur/navigasi web, isi web(konten), popularitas web/link, dan lain-lain.

    Untuk mendapatkan ranking pencarian yang baik anda harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan website terlebih dahlulu atau menjadi prinsip dasar SEO, yaitu memastikan bahwa googlebot dapat merayapi seluruh konten halaman webiste dengan baik, yang semuanya berkaitan dengan onpage SEO, misalnya penggunaan sitemap xml, sitemap HTML, menyusun strukur web yang komprehensif, penggunaan meta descrription dan title serta kualitas konten yang baik.

    3 Keyword Dalam SEO

    Riset keyword adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan Search Engine Optimizaton, jika situs anda memasang keyword yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website anda. Proses riset keyword dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini:

    1. Ciptakan Daftar Keyword dan Cek Daftar Tersebut

    Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Pikirkan semua kata-kata yang akan di ketikkan visitor dalam kotak search google atau search engine lainnya untuk menemukan website anda.

    2. Gunakan Tool Riset Keyword

    Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang butuhkan. Sebagai contoh : anda hendak memasang keyword "tutorial photoshop", sebelumnya anda tidak tahu berapa nilai persaingan, dari keyword "tutorial photoshop" tersebut, semakin tinggi nilai persaingan maka semakin banyak visitor mencari keyword tersebut. Bagaimana caranya? Nah dalam mencari perbandingan nilai keyword kita dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet, ada yang gratis dan ada yang bayar, Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.

    3. Pastikan Daftar Keyword Anda Sekali Lagi

    Dibagian ini anda tahu sendiri apa yang harus nya di lakukan, apakah memilih keyword yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah (Niche market).

    Siapkan langkah dalam menuliskan keyword-keyword tersebut pada:

    ReplyDelete
  6. : SEO is an act or practice for early [14/12 12:04]: SEO is an act or practice to optimize a website. This optimization allows search engines or search engines to judge whether it is good.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang kita ketik pada mesin pencari. Mesin Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style) :

      Memahami prinsip kerja search engine merupakan awal yang baik untuk menguasai SEO lebih jauh. Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diinginkan. Bagaimana google dapat menemukan halaman-halaman web yang sesuai dengan query tersebut? Bagaimana pula cara google menentukan urutan-urutan list dalam hasil pencarian?

      Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing dan serving/delevering.

      Delete
  7. SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website. Optimasi ini memungkinkan search engine atau mesin telusur dalam menilai apakah suatu website layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.
    Satu hal yang harus Anda pahami, SEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya Anda harus terus-menerus mengoptimasi website. Untuk melakukannya, Anda wajib memahami cara kerja mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website yang didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu.

    Tipe Trafik SEO
    Website dengan konten yang bagus tapi minim pengunjung sama sekali tidak ada artinya. Anda harus bisa menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan mereka agar betah berlama-lama di website.
    Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan dan mengelola trafik.
    Pertama-tama, ketahui asal trafik. Ada tiga tipe traffic SEO:
    Quality Traffic
    Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti status menjadi pembeli, semakin baik pula kualitas trafik yang dimiliki.
    Tingkat konversi dapat dijadikan acuan dalam menentukan kualitas trafik website. Meskipun tingkat konversi tergantung pada tipe dan tujuan bisnis, nilai 5% sudah bisa memenuhi kualitas konversi.
    Pengunjung yang mengakses website dan mencari tahu produk apa saja yang ditawarkan juga turut menciptakan trafik yang baik. Misalnya, kalau produk yang dijual adalah smartphone iPhone dan Android, trafik yang datang bukanlah trafik untuk membeli laptop dan komputer.
    Quantity of Traffic
    Kuantitas trafik tak kalah penting dari kualitas trafik.
    Umumnya jumlah trafik dihitung berdasarkan banyaknya pengunjung yang masuk dan mengakses situs. Akan tetapi, masih ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipantau, yakni: pengunjung situs, page view, dan durasi kunjungan.
    Semua hal yang disebutkan sebelumnya tidak perlu dihitung dengan metode manual. Anda bisa menggunakan tool, seperti Google Analytics atau StatCounter, untuk menganalisis trafik website.Bagaimana Cara Kerja SEO?
    SEO mengoptimasi website sehingga orang-orang bisa menemukannya dengan menggunakan kata kunci tertentu.
    Berikut sejumlah manfaat yang ditawarkan metode optimasi ini:
    * Memberikan informasi yang relevan.
    * Menjadikan mesin telusur sebagai sumber yang andal.
    * Mendatangkan lebih banyak trafik organik.
    Meskipun hasil pencarian bisa muncul saat itu juga, proses yang terjadi di dalam mesin telusur tidak sesederhana yang dibayangkan. Bahkan mesin telusur bekerja sebelum Anda mengetikkan apa pun di kolom pencarian dan menekan tombol Enter.

    ReplyDelete
  8. Putri Julianti

    Inilah yang memicu persaingan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama, karena peringkat tersebut berarti kemungkinan traffic pengunjung yang berlimpah.
    Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar
    Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness).
    Visibilitas dan Otoritas. SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka waktu yang relatif panjang, tentunya bila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat) karena cara-cara yang buruk seperti spamming, keyword stuffing, cloaking, membuat dooway pages dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya akan melukai website anda.
    Revenue atau ROI tinggi. Kampanye SEO yang dilakukan dengan baik dan efisien akan memberikan ROI atau hasil investasi jauh lebih besar dibanding kampanye-kampanye marketing/advertising lainnya., karena SEO tidak membutuhkan biaya apapun kecuali jika anda menggunakan jasa SEO.

    Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing dan serving/delevering
    Crawling (Perayapan)

    Crawling atau perayapan adalah proses googlebot (bisa juga disebut sebagai robot, bot spider, spiderbot) mencari halaman-halaman baru atau yang diupdate untuk ditambahkan ke dalam indeks google.
    Googlebot dijalankan dari beberapa mesin sekaligus untuk meningkatkan performa dan proses. Hal ini disebabkan web terus berkembang dan halaman web yang harus di-crawl semakin bertambah. Mesin-mesin yang mendistribusikan googlebot tersebut letaknya tersebar di beberapa titik server. Tujuannya agar proses crawling suatu website cepat dilakukan melalui server terdekat dengan website tersebut
    Indexing (Proses Pengindeks-an)

    Googlebot kemudian memproses masingmasing halaman yang dirayapinya untuk, mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan kedalam sebuah indeks besar
    Serving/Delevering (Menampilkan Hasil Pencarian)

    Ketika user google mengetikkan keyword tertentu di kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai list hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya google sebagai hasil yang paling relevan bagi user.

    ReplyDelete
  9. Renny anggraini sembiring
    XI BDP 1
    SEO
    Semakin berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya. Salah satunya adalah menjalankan bisnis secara online. Bisnis dalam skala kecil maupun skala besar masing-masing berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya melalui web dan jumlahnya sangat besar. Persaingan bisnis di Internet sangat pana s hingga kehadiran search engine dianggap menjadi salah satu solusi agar website dapat ditemukan dengan mudah. Sampai disini persaingan belum berhenti karena listing web di search engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan kemenangan berada di halaman pertama sebagai hasil pencarian melalui SEO,Ada beberapa hal yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus, diantaranya :
    Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar
    Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness).

    ReplyDelete
  10. Here is a list of actionable tips that will help you optimize the performance of your Magento 2 store and see a significant improvement in its performance and ROI.page optimization

    ReplyDelete
  11. Siti nafilla
    Xl bdp 1

    Semakin berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya. Salah satunya adalah menjalankan bisnis secara online.

    Ada beberapa hal yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus, diantaranya :

    Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar
    Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness). Meskipun pada awalnya tidak bergitu berefek pada tingkat penjualan, namun brand awareness dapat menjadi tolak ukur eksistensi perusahaan, produk atau web di mata publik. Mereka akan mengenal dengan baik web, perusahaan dan produk/layanan anda. Pada perjalanan panjangnya anda akan menemukan selling point yang tepat guna meningkatkan jumlah penjualan dan daya jual produk atau jasa yang ditawarkan.
    Visibilitas dan Otoritas. SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka waktu yang relatif panjang, tentunya bila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat) karena cara-cara yang buruk seperti spamming, keyword stuffing, cloaking, membuat dooway pages dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya akan melukai website anda. Efek SEO curang dalam jangka waktu pendek akan mendapat penalti sangat besar, sehingga usaha brand building yang sedang dilakukan dapat rusak jika situs telah dicap sebagai spammer.
    Revenue atau ROI tinggi. Kampanye SEO yang dilakukan dengan baik dan efisien akan memberikan ROI atau hasil investasi jauh lebih besar dibanding kampanye-kampanye marketing/advertising lainnya., karena SEO tidak membutuhkan biaya apapun kecuali jika anda menggunakan jasa SEO. Ada satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan jasa SEO, pastikan benar yang mengerti tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis anda kedepannya.

    Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing dan serving/delevering

    ReplyDelete
  12. RIA LESTARI
    XI BDP 1
    Kesimpulan saya mengenai SEO adalah SEO memiliki fungsi yang penting bagi seorang pengusaha,
    Ada beberapa hal yang dapat berpengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus di antaranya:
    - RANGKING DAN TRAFFIC
    - BRAND AWARENESS MENINGKAT
    - REVENUE ATAU ROL TINGGI

    SERP adalah ringkasan dari search engine result page yaitu daftar halaman web yang di tampilkan oleh search engine sebagai respon terhadap kata yang kita ketik.
    Memahami prinsip kerja search engine merupakan awal yang baik untuk menguasai SEO lebih jauh

    ReplyDelete
  13. SALSA TRI NURJANA
    XI BDP 1

    Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar
    Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness). Meskipun pada awalnya tidak bergitu berefek pada tingkat penjualan, namun brand awareness dapat menjadi tolak ukur eksistensi perusahaan, produk atau web di mata publik.
    SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka waktu yang relatif panjang, tentunya bila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat) karena cara-cara yang buruk seperti spamming, keyword stuffing, cloaking, membuat dooway pages dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya akan melukai website anda. Efek SEO curang dalam jangka waktu pendek akan mendapat penalti sangat besar, sehingga usaha brand building yang sedang dilakukan dapat rusak jika situs telah dicap sebagai spammer.

    ReplyDelete
  14. DIRA AMANDA HARAHAP
    XI BDP 1

    Kesimpulan saya tentang SEO yaitu SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website, SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya Anda harus terus-menerus mengoptimasi website SEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja, SEO memiliki fungsi atau kegunaan yang penting bagi seorang pengusaha, Semakin berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya. Salah satunya adalah menjalankan bisnis secara online. Bisnis dalam skala kecil maupun skala besar masing-masing berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya melalui web dan jumlahnya sangat besar.

    ReplyDelete
  15. AYU WULANDARI
    XI BDP 1

    Kesimpulan yang saya dapat dari SEO adalah proses alami untuk membuat suatu halaman web mendapat peringkat terbaik dalam halaman hasil pencarian pada kata kunci tertent SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization,dan banyak fungsi-fungsi yang terdapat dari SEO yang mudah di pahami.

    ReplyDelete
  16. KANAYA BUNGA JASMINE
    XI BDP 1

    Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat.

    Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda.

    ReplyDelete
  17. Dian shafinas
    Xl bdp 1
    SEO merupakan prakter mengoptimalkan ranking website dengan pencarian peringkat teratas.SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu,SEO juga memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka waktu yang relatif panjang.

    ReplyDelete
  18. Putri Ramadhani
    XI BDP 1

    Semakin berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya. Salah satunya adalah menjalankan bisnis secara online. Bisnis dalam skala kecil maupun skala besar masing-masing berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya melalui web dan jumlahnya sangat besar. Persaingan bisnis di Internet sangat pana s hingga kehadiran search engine dianggap menjadi salah satu solusi agar website dapat ditemukan dengan mudah

    ReplyDelete
  19. Alya Zhafira
    XI BDP 1

    SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang kita ketik pada mesin pencari. Mesin Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style) :

    Memahami prinsip kerja search engine merupakan awal yang baik untuk menguasai SEO lebih jauh. Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diinginkan. Bagaimana google dapat menemukan halaman-halaman web yang sesuai dengan query tersebut? Bagaimana pula cara google menentukan urutan-urutan list dalam hasil pencarian?

    Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing dan serving/delevering.

    ReplyDelete
  20. Nama : Fitra Maisya Putri
    Kelas. : XI BDP 1

    Kesimpulan yang saya dapat tuliskan tentang SEO yaitu SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan situs web. Optimasi ini memungkinkan mesin telusur atau mesin telusur dalam menilai apakah suatu situs web layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.

    Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama situs web Anda.




    SERP adalah ringkasan dari halaman hasil mesin pencari yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh mesin pencari sebagai tanggapan terhadap kata yang kita ketik.
    Memahami prinsip kerja mesin pencari merupakan awal yang baik untuk menguasai SEO lebih jauh

    Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika pengguna melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dicari untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut: crawling, indexing, dan serve/delevering.

    ReplyDelete
  21. Nazwa Nabila
    XI Bdp 1
    Kesimpulan saya mengenai tentang seo adalah merupakan sebuah atau suatu proses yang sangat alami dan halaman web juga mendapatkan peringkat dalam halaman hasil pencarian ,serta menghasilkan suatu trafik organik yang sangat tinggi dan ini juga sudah sangat membantu kita mendapatkan trafik yang sangat tepat

    ReplyDelete
  22. Putri Khairani Lubis
    XI BDP 1
    kesimpulan yg saya dapat mengenai seo adalah proses yg sangat alami dan dapat dihalaman web juga diperingkat dlm halaman yg dapat menghasilkan pencarian dan juga suatu trafik organik yg tinggi dan juga dpt membantu kita mendapatkan trafik yg sangat baik.

    ReplyDelete
  23. NABILA SYAHPUTRI
    Xl bdp1


    kesimpulan yg saya dapat mengenai seo adalah proses yg sangat alami dan dapat dihalaman web juga diperingkat dlm halaman yg dapat menghasilkan pencarian dan juga suatu trafik organik yg tinggi dan juga dpt membantu kita mendapatkan trafik yg sangat baik.

    ReplyDelete
  24. SEO provider can guarantee number one page rankings on SERP's, a good quality SEO Company Toronto can deliver tangible results.

    ReplyDelete
  25. FUTK PRIVATE LIMITED is ranked as the no. 1 SEO agency in terms of its best services. The SEO features offered by the company include website analysis for in-depth evaluation of clients websites, helps your website to meet the web standards, on-page optimization, off-page optimization and report submission for a detailed understanding of the progress.

    ReplyDelete
  26. Enterprises invest in making a creative website to achieve targeted traffic. But that's not enough. To get potential traffic, they need to go for professional SEO services. The services can provide improved rankings, increase quality traffic, and add to the ROI of the business. how to do video marketing can optimize websites on all popular search engines such as Google, Yahoo, MSN, Bing, AltaVista, and many others.

    ReplyDelete
  27. Thanks for sharing; this is a fantastic blog post. Much thanks again.malamb3cek

    ReplyDelete
  28. Dark cap SEO is procedures used to deceive or control web crawlers for higher rankings.
    Ryan Cameron SEO Consulting

    ReplyDelete
  29. Notwithstanding this, SEO organizations have ensured SEO administrations and it is extraordinary when one signs with Google.
    RyanCameron

    ReplyDelete
  30. "The plumber was punctual and efficient, and they fixed the problem without any hassle. Great service!" Plumber PPC

    ReplyDelete
  31. This blog is an admonition to everybody that doesn't have a compelling SEO procedure. You are committing an immense error by not utilizing all of the underneath SEO benefits.
    http://www.topseos.org/

    ReplyDelete
  32. Your website deserves attention! Let's utilize off-page SEO link building to secure authoritative backlinks and boost your organic traffic. Get ready to dominate search engine rankings. increase da

    ReplyDelete
  33. SEO requires both on-page and off-page optimization. SEO Burwood

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.