Bisnis Online di Masa Pandemi COVID 19

Tahun 2020 ditandai dengan adanya wabah yang hampir menyerang seluruh dunia tidak terkecuali negara Indonesia. Adanya COVID 19 telah merubah tatanan dunia, mulai dari cara berinteraksi, bekerja, belajar bahkan berjualan. Hal ini berdampak pada bisnis ritel di dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, bisnis ritel sangat terpukul dengan adanya COVID 19 ini, Penjualan toko ritel pakaian turun 80 persen, penjualan groceries turun 45 persen pada kuartal I 2020 jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Selain itu, jumlah pengunjung yang datang ke toko juga menurun sebesar 50 persen selama pandemi ini. Hal ini disebabkan karena industri ini lebih banyak mengandalkan penjualan secara offline ketimbang online.

Bila penjualan secara offline mengalami penurunan, maka hal ini tidak berlaku bagi para penjual online. Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 dalam sebuah kajian "Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020". Penjualan online pada masa pandemi mengalami lonjakan yang cukup tajam bila dibandingkan dengan penjualan di bulan Januari 2020. Pada bulan Maret 2020, penjualan online mengalami peningkatan sebesar 320% dari total penjualan online awal tahun. Selanjutnya, pada bulan April 2020, lonjakan penjualan online semakin tajam, yaitu meningkat 480% dari Januari 2020.

Terperinci, pada bulan Maret 2020 penjualan tertinggi ada pada Makanan dan Minuman, yaitu meningkat 570% dari penjualan di Januari 2020. Penjualan terendah adalah produk olahraga yang hanya meningkat 170% dari penjualan Januari. Sementara pada bulan April 2020, penjualan tertinggi masih juga dipegang Makanan dan Minuman yang melonjak tajam 1070% dari penjualan di bulan Januari 2020. Penjualan terendah juga masih produk olahraga yang sebesar 210% dari bulan Januari 2020. Selain Makanan dan Minuman serta peralatan Olahraga, beberapa penjualan yang meningkat uga terjadi pada alat kesehatan, peralatan komunikasi, kosmetik, perlengkapan rumah tangga, peralatan pendidikan, serta sandang.


Sumber :

5 comments:

  1. Pada jamannya covid 19 semua org tidak di benarkan untuk keluar rumah. Dengan begitu kosongnya kegiatan seperti biasanya. Dengan begitu berbisnis secara online sangat menguntungkan tanpa adanya keluar" rumah. Pengiriman barang bisa melalui ojol dan pembayaran bisa melalui via ATM

    ReplyDelete
  2. NADILASYAH PUTRI

    Menurut saya dengan adanya bisnis online di masa pandemi ini,membuat para pembeli (konsumen) ke susahan dalam mencari barang yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  3. Dimasa pandemu seperti ini, banyak orang orang yang beralih untuk berjualan online, karna mendapatkan untung yang lumayan besar, dan serta hemat dalam waktu dan tenaga

    ReplyDelete
  4. Dapat menjadi peluang mencari pundi" penghasilan Untuk mencukupi kebutuhan dalam masa" sulit

    ReplyDelete
  5. Di masa pandemi ini banyak sebagian orang yang malas untuk ke luar rumah apalagi untuk membeli baju atau peralatan rumah. jadi menurut saya berbisnis online di masa pandemi ini sangat la menguntungkan ,selain mendapatkan uang yang banyak ,kita juga bisa menambah ilmu tentang berbisnis .(sherina putri Sham)

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.