Strategi Pemasaran Bisnis Ritel


 Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

Membicarakan strategi pemasaran memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart dan Hero banyak dicari para konsumen.

Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar:

Menentukan Target Pasar

Tugas utama dalam mengembangkan strategi retail adalah menetapkan sasaran pasar. Proses ini diawali dengan menetapkan segmentasi pasar. Ritel yang sukses selalu mendasarkan upaya untuk mengenali pelanggannya. Sasaran pasar dalam ritel seringkali di tetapkan berdasarkan faktor demografis, geografis dan psikografis. Menetapkan sasaran pasar merupakan prasyarat untuk menetapkan bauran ritel.

Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin dapat memberikan pelayanan dan kepuasan pada target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Sebagaimana diketahui bahwa tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan merasa puas. Terciptanya kepuasaan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis sehingga memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya kesetiaan terhadap merek serta membuat suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan (Tjiptono, 2000: 105).

Menurut Tjiptono (2000: 110) loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa kesetiaan terhadap merek diperoleh karena adanya kombinasi dari kepuasan dan keluhan. Sedangkan kepuasan pelanggan tersebut hadir dari seberapa besar kinerja perusahaan untuk menimbulkan kepuasan tersebut dengan meminimalkan keluhan sehingga diperoleh pembelian jangka panjang yang dilakukan oleh konsumen.

Menciptakan loyalitas pelanggan merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan programprogram promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

Dalam menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas pelanggan supaya datang berbelanja lagi dan lagi, sudah barang tentu peritel harus membuat program penjualan sehingga konsumen bergairah untuk datang dan berbelanja, di bawah ini diungkapkan bagaimana Carrefour mencitakan dan mempertahankan konsumennya.

Harga Bisa Berubah

Di tengah ketatnya persaingan di industri ritel, harga menjadi perhatian utama dalam memenangi persaingan pasar. Oleh karena itu, harga pun bisa cepat berubah di industri ini. Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Dalam teori marketing, harga merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi pemasaran suatu produk. Mahal-murahnya harga sering kali menjadi perhatian utama para konsumen saat mereka memilih suatu produk. Sehingga harga yang ditawarkan menjadi bahan pertimbangan khusus sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang maupun jasa. Dari kebiasaan para konsumen, dapat disimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh terhadap pemasaran produk yang ditawarkan.

Dalam usaha retail penentuan harga jual sebuah produk tidak boleh diabaikan, jangan pernah menentukan harga jual produk secara sembarangan, harga jual suatu produk akan menjadi penentuan laku atau tidaknya barang tersebut serta berapa keuntungan per produk yang anda dapatkan. Sudah bukan hal yang tabu bahwa seorang costumer akan cenderung memilih produk dengan harga jual paling murah, dan costumer juga akan ikut membandingkan harga produk ditoko anda dengan harga jual produk ditoko sebelah. Sering kali terdapat kesalahan strategi dalam penentuan harga jual, tak jarang kita temui kasus penjual yang memberikan harga murah sehingga barangnya laku keras, namun setelah dikalkulasikan keuntungannya sedikit padahal sudah menjual banyak barang.

Untuk meningkatkan kesuksesan bisnis anda, ketahuilah beberapa strategi dalam penentuan harga jual berikut pembahasannya :

Menggunakan Rumus Sederhana

Beberapa pelaku usaha retail menggunakan pilihan keystone pricing dalam menentukan harga jual, dimana sebuah produk akan digandakan harganya hingga beberapa persen kenaikan harga, misalnya 50 %. Peningkatan harga ini dapat lebih rendah atau lebih tinggi lagi tergantung pada kondisi.

Berikut rumus sederhana dalam menentukan harga jual:

 Harga Jual = [(Harga Pokok) ÷ (100-persentase kenaikan harga)] × 100 Sebagai contoh, misalkan harga pokok dari produk tersebut ialah 50.000 dan persentase kenaikannya 45% dari harga pokok, maka berikut cara menghitungnya: Harga Jual = [(50.000) ÷ (100-40)] × 100 = (50.000÷55) × 100 = Rp. 91.000

Mengikuti Harga Yang disarankan Perusahaan

Ini merupakan strategi penentuan harga jual mengikuti saran saran pabrik/perusahann kepada pelanggan anda, sebagian perusahaan menyarankan seperti harga jual seperti ini untuk menciptakan standarisasi harga terhadap produk tersebut.

Keystone Pricing

Ini merupakan teknik menentukan harga yang sering dilakukan oleh para retailer yaitu hanya dengan menggandakan dari harga pokok untuk menentukan harga jual. Teknik ini tidak bisa diterapkan untuk semua jenis produk, karena tidak semua produk bisa anda jual dengan harga setinggi itu sebelum menggunakan teknik keystone fikirkan terlebih dahulu apakan harga ganda tersebut masuk akan untuk produk tersebut? Memang dengan menggunakan teknik ini anda dengan mudah dapat menentukan harga jual, namun tidak bisa dipraktekkan untuk semua produk.

Harga Diskon

Costumer sangat tertarik dengan potongan harga, salah satu strategi penentuan harga jual yaitu dengan memberi beberapa potongan harga, hal ini juga merupakan salah satu taktik dalam mensukseskan bisnis anda. Namun juga tetap harus mempelajari cara menentukan harga diskon agar tetap memberi keuntungan.

Harga Unik

Penjual sering kali menentukan harga jual dengan angka akhir yang lumayan unik seperti angka 9, 5 atau 7. Dan ternyata penggunaan angka akhir ini seperti memberikan keuntungan tersendiri bagi penjual, bila sebuah produk yang sama memiliki harga Rp. 1000 dan Rp. 950 maka anda tentu tau harga mana yang dipilih costumer bukan?

Menjual Murah

Anda dapat menentukan harga jual produk dengan memperhatikan harga jual dari pesaing anda, maka untuk menarik perhatian pelanggan maka anda dapat menjual sedikit lebih murah dari mereka. Namun pertimbangkan juga keuntungannya anda nantinya, jangan menjual terlalu murah.

13 comments:

  1. Penjlsan dari artikel di atas adalah bahwa bnyk toko ritel yg menggunakan strategi pemasaran yg berbeda-beda utk menarik minat konsumemn dlm berbelanja di toko nya.Dan dlm memilih lokasinya pun para ritel perlu mengevaluasi tempat tersebut agar bisnis yg ia jln kan mampu menarik konsumen dgn di barengi strategi" pemasaran yg baik dan benar.Artikel diatas sangat membantu saya dalam memcari info tentang strategi pemasaran bisnis ritel.

    ReplyDelete
  2. Siti nafilla
    Xl bdp 1

    Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

    sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar:
    Menentukan Target Pasar
    Menciptakan Loyalitas Pelanggan
    Harga Bisa Berubah
    Menggunakan Rumus Sederhana
    Mengikuti Harga Yang disarankan Perusahaan
    Keystone Pricing
    Harga Unik
    Menjual Murah

    ReplyDelete
  3. RIA LESTARI
    XI BDP 1
    Banyak tokoh ritel yang menggunakan strategi pemasaran yang berbeda,untuk menjadi pusat perhatian oleh pembeli, terutama discount(potongan harga)banyak di minati oleh orang.
    Selain itu lokasih yang strategis menjadi hal yang penting,sehingga para pembeli tidak susah untuk menjangkaunya

    ReplyDelete
  4. Putri Ramadhani
    XI BDP 1
    Membicarakan strategi pemasaran memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran.

    ReplyDelete
  5. SALSA TRI NURJANA
    XI BDP 1

    strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan agar konsumen dapat dilayani dengan baik.

    ReplyDelete
  6. DIRA AMANDA HARAHAP
    XI BDP 1

    penjelasan dari artikel di atas adalah bahwa banyak toko ritel yg menggunakan strategi pemasaran yg berbeda-beda untuk menarik minat konsumen dalam berbelanja di toko nya. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran.

    ReplyDelete
  7. Kanaya Bunga Jasmine
    XI BDP 1
    strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk.

    ReplyDelete
  8. Dian shafinas
    Xl bdp 1
    Materi diatas menjelaskan bahwa strategi pemasaran penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan.
    Hal-hal yg harus diperhatikan untuk memenangkan pasar yaitu:
    1.menentukan target pasar
    2.menciptakan loyalitas pelanggan
    3.menggunakan rumus sederhana
    4.harga diskon
    5.menjual murah
    Dan lain sebagai nya

    ReplyDelete
  9. AYU WULANDARI
    XI BDP 1

    Materi yang sudah di jelaskan di atas tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi.

    ReplyDelete
  10. Nama: Fitra Maisya Putri
    Kls:XI BDP 1

    Strategi pemasaran sangat penting dan sangat berpengaruh besar bagi sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan.

    Dan materi di atas sangat lengkap dan jelas bagi saya dan mudah dipahami secara jelas

    ReplyDelete
  11. Nazwa Nabila
    XI Bdp 1
    Penjelasan dari artikel di atas adalah bahwa sangat banyak toko ritel yang menggunakan sebuah strategi pemasaran yang berbeda-beda dan menarik minat konsumen dalam berbelanja di toko .Dan dalam memilih lokasin pun para ritel perlu mengevaluasi tempat tersebut agar bisnis yg di jalani dapat dan mampu menarik konsumen dengan yang ada nya strategi" pemasaran yang baik dan benar.Pembahasan diatas tersebut membantu saya dalam memcari informasi mengenai tentang strategi pemasaran bisnis ritel.

    ReplyDelete
  12. Putri Khairani Lubis
    XI BDP I
    Strategi pemasaran penting dalam perusahaan untuk mencapai materai yg dijabarkan sangat jelas dan saya pun lebih paham dan mengerti akan pemahaman pada materi trsbt.

    ReplyDelete
  13. Nabila Syahputri
    Xl bdp1

    Banyak tokoh ritel yang menggunakan strategi pemasaran yang berbeda,untuk menjadi pusat perhatian oleh pembeli, terutama discount(potongan harga)banyak di minati oleh orang.
    Selain itu lokasih yang strategis menjadi hal yang penting,sehingga para pembeli tidak susah untuk menjangkaunya

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.