Pengertian dan Unsur - Unsur Komunikasi



Coba perhatikan gambar di samping. Gambar disampin merupakan salah satu contoh dari komunikasi. Secara etimologi, komunikasi  atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'. 
Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common) Secara sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another). 

Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain.Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.

       Berikut adalah beberapa definisi komunikasi menurut para ahli :
# BOVEE
Komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan
# EDWIN  EMERY
Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain
# CARL I. HOVLAND
Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain
        Dari beberapa pengertian di atas penulis mengambil kesimpulan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seorang komunikator kepada seorang komunikan baik melalui media ataupun tidak sehingga dapat menimbulkan feed back. Untuk lebih jelas, perhatikan gambar di bawah ini :


Dari pengertian dan gambar di atas, kita dapat mengambil apa - apa saja yang menjadi unsur - unsur dalam sebuah komunikasi baik itu unsur yang wajib maupun unsur tambahan. Berikut adalah unsur - unsur  sebuah komunikasi :
  1. Komunikator
  2. Pesan
  3. Komunikan
  4. Media
  5. Feed back

Penjelasan :

Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan ; Pesan pada umumnya berisi ide, gagasan, informasi : Komunikan adala orang yang menerima pesan ; Media adalah sarana atau alat untuk menyampaikan pesan ; sedangkan feed back adalah tanggapan dari seorang komunikan atas pesan yang telah disampaikan oleh komunikator. Point satu sampai dengan tiga merupakan unsur wajib dalam sebuah komunikasi sedang point tiga dan empat merupakan unsur tambahan. 




Referensi :
Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour,USA:Alyn and Bacon

1 comment:

give comment ya

Powered by Blogger.