Perbedaan Ecommerce, Toko Online dan Market Place



Berdasarkan ilustrasi di atas kita bisa membandingkan antara commerce (perdagangan) yang terjadi di dunia nyata dan e-commerce (perdanagan elektronik) yang terjadi di dunia elektronik. Pada dunia nyata, kita mengenal adanya toko dan pasar. Toko merupakan sebuah tempat tertutup yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau barang yang khusus, misalnya toko buku, toko buah, dan sebagainya. Sedangkan kumpulan beberapa toko di sebut pasar, sebabagi contoh Pasar Ikan Lama di Medan.  Di pasar ini, Anda tidak akan menemukan orang berjualan ikan. Namun Anda akan menemukan puluhan toko kain.

Selanjutnya, adanya perkembangan teknologi khususnya internet telah memunculkan berbagai peluang baru dalam bisnis. Salah satunya adalah Ecommerce. Namun, tahukah Anda apa itu ecommerce? Disini saya akan memaparkan pengertian ecommerce menurut para ahli, yaitu:

Laudon & Laudon (1998),

E-commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis.

Triton (2006),

Menjelaskan bahwa e-commerce (electronic commerce) sebagai perdagangan elektronik dimana untuk transaksi perdagangan baik membeli maupun menjual dilakukan melalui elektronik pada jaringan internet.

Niagahoster (2021)

Electronic commerce atau ecommerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik.

Berdasarkan pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa e-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan secara elektronik.

Karena pengertian e-commerce tersebut, terkadang ada kesalahpahaman (miskonsepsi)tentang ecommerce dan marketplace. Istilah ecommerce digunakan untuk mendeskripsikan semua transaksi yang memakai media elektronik.

Marketplace sendiri adalah salah satu model ecommerce, di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut.  Situs-situs seperti Shopee dan Lazada adalah dua contoh marketplace.

Selain ecommerce dan market place, kita juga mengenal yang namanya toko online. Online Shop merupakan toko dengan basis digital yang berdiri secara mandiri dalam mengelola usahanya. Kenapa disebut mandiri? Karena pemilik toko online harus membuat website dan memantau usahanya sendiri. Hal ini termasuk solusi yang ditawarkan kemajuan teknologi dalam mengalihkan manusia untuk mulai membuka lahan bisnis digital yang lebih fleksibel dan praktis. 

Mari Bapak/Ibu kita diskusikan tentang Ecommerce sehingga menambah referensi kita tentang ecommerce

2 comments:

  1. Thanks for sharing; this is a fantastic blog post. Much thanks again.tata neu referral code

    ReplyDelete
  2. Your work is very good and I appreciate you and hopping for some more informative posts. Thank you for sharing great information to us. mhrb usa vendor

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.