E-Coomerce



Pengertian E-Commerce

Sejak tahun 1997 pemerintah Amerika telah mendeklarasikan terjadinya sebuah revolusi industri baru yang akan berdampak pada stabilitas ekonomi global, yaitu sejalan dengan fenomena maraknya bisnis secara elektronik/digital dengan menggunakan internet sebagai medium bertransaksi. Metode bertransaksi ini kemudian lebih dikenal sebagai istilah “E-Commerce”.

Definisi dari “E-Commerce” sendiri sangat beragam, tergantung dari perspektif atau kacamata yang memanfaatkannya. Association for Electronic Commerce (AEC) secara sederhana mendifinisikan E-Commerce sebagai “mekanisme bisnis secara elektronis”. CommerceNet, sebuah konsorsium industri, memberikan definisi yang lebih lengkap, yaitu “penggunaan jejaring komputer sebagai sarana penciptaan relasi bisnis”. Tidak puas dengan definisi tersebut, CommerceNet menambahkan bahwa di dalam E-Commerce terjadi “proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet atau pertukaran dan distribusi informasi antar dua pihak di dalam satu perusahaan dengan menggunakan intranet”.

Sementara Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready” (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E-Commerce sebagai “suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B), antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C), antara konsumen dan institusi (C-to-B), maupun antar konsumen dan konsumen (C-to-C). Beberapa kalangan akademisi pun sepakat mendefinisikan E-Commerce sebagai “salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital”.

Terlepas dari berbagai jenis definisi yang ditawarkan dan dipergunakan oleh berbagai kalangan, terdapat kesamaan dari masing-masing definisi, dimana ECommerce memiliki karakteristik sebagai berikut:

• Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;

• Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi; dan

• Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online.

Dari karakteristik di atas terlihat jelas, bahwa pada dasarnya E-Commerce merupakan dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, sehingga secara signifikan merubah cara manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, yang dalam hal ini adalah terkait dengan mekanisme dagang. Semakin meningkatnya komunitas bisnis yang mempergunakan internet dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari secara tidak langsung telah menciptakan sebuah domain dunia baru yang kerap diistilahkan sebagai “cyberspace” atau dunia maya.

Berbeda dengan dunia nyata (real world), cyberspace memiliki karakteristik yang unik dimana seorang manusia dapat dengan mudah berinteraksi dengan siapa saja di dunia ini sejauh yang bersangkutan terhubung ke internet. Hilangnya batasan dunia yang memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain secara efisien dan efektif ini secara langsung merubah cara perusahaan dalam melakukan bisnis dengan perusahaan lain atau konsumen.

Peter Fingar mengungkapkan bahwa pada prinsipnya E-Commerce menyediakan infrastruktur bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi proses bisnis internal menuju lingkungan eksternal tanpa harus menghadapi rintangan waktu dan ruang (time and space) yang selama ini menjadi isu utama. Peluang untuk membangun jejaring dengan berbagai institusi lain tersebut harus dimanfaatkan karena dewasa ini persaingan sesungguhnya terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan Ecommerce untuk meningkatkan kinerja dalam bisnis inti yang digelutinya.

Berdasarkan bisnis intinya, masing-masing perusahaan memiliki urutan proses utamanya sendiri-sendiri (core processes), dimana pada berbagai titik subproses, terjadi interaksi antara perusahaan dengan salah satu entitas relasi di atas. Jika dahulu kebanyakan relasi hanya dapat terjalin secara “one-to-one relationship” karena alasan efisiensi, maka dengan adanya E-Commerce, hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternal lainnya dapat dilakukan secara “many-to-many relationship” dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih murah.

Internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan perusahaan dengan domain publik, seperti individu, komunitas, institusi, dan organisasi. Jalur ini merupakan jalur termurah yang dapat digunakan perusahaan untuk menjalin komunikasi efektif dengan konsumen. Mulai dari tukar menukar data dan informasi sampai dengan transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan murah melalui internet. Jenis Ecommerce yang cocok memakai jalur internet ini adalah B-to-C.

Intranet merupakan infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan semua sumber daya manusia, baik manajmen maupun staf, dalam sebuah perusahaan sehingga dengan mudah mereka dapat saling berkomunikasi untuk menunjang aktivitas bisnis sehari-hari. Aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi biasanya diimplementasikan di dalam sistem intranet ini. Sementara Ekstranet merupakan sebuah infrastruktur jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dan rekanan bisnisnya. Jika dahulu teknologi EDI (Electronic Data Interchange) banyak dipergunakan untuk keperluan ini, tipe Ecommerce B-to-B merupakan pilihan tepat untuk membangun sistem ekstranet di perusahaan.

Pada akhirnya, E-Commerce bukanlah sekedar mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi lebih pada sebuah transformasi bisnis yang merubah caracara perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya sehari-hari. Perubahan mendasar dan redefinisi ulang terhadap bisnis inti perusahaan sering kali harus dilakukan sehubungan dengan fenomena ini, karena berbagai paradigma baru telah mengubur prinsip-prinsip manajemen konvensional yang jika masih terus dilaksanakan akan justru menjadi hal yang merugikan perusahaan (disadvantage).


Strategi pemasaran dalam e-commerce

Perkembangan internet telah menyebabkan terbentuknya sebuah arena baru yang lazim disebut sebagai dunia maya, dimana setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berhubungan dengan individu lain tanpa adanya batasan apapun yang menghalanginya. Globalisasi yang sesungguhnya pada dasarnya telah terlaksana di dunia maya, yang menghubungkan antar seluruh masyarakat digital atau mereka yang kerap menggunakan internet dalam aktivitas kehidupannya setiap hari.

Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak oleh kehadiran internet, sektor bisnis atau perdagangan merupakan yang paling cepat tumbuhnya. Berdagang di dunia maya dengan memanfaatkan perangkat telekomunikasi, yang kerap diistalahkan sebagai ecommerce (electronic commerce), merupakan suatu mekanisme bisnis tersendiri yang masih seumur jagung usianya. Namun disinilah letak keistimewaannya. Untuk pertama kalinya seluruh manusia di lapisan bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk dapat berhasil berbisnis di dunia maya, karena selain “usaha” ini masih tergolong baru, paling tidak di perekonomian Indonesia, lahan yang belum “digarap” masih tersedia sedemikan luasnya. Kajian dalam buku ini diharapkan dapat menjadi pintu masuk bagi anda untuk mendalami bidang e-commerce dan berniat untuk mulai belajar dan memahaminya. Mudah-mudahan buku ini dapat memberikan sedikit kontribusi bagi anda di tengah kurangnya koleksi pustaka di bidang teknologi informasi, terutama dalam hal e-commerce.

Strategi pemasaran dalam e-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional yaitu pengambilan keputusan-keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam e-commerce yaitu :

  1. Daur hidup produkStrategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
  2. Posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan ecommerce. Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha, apakah ingin menjadi pemimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
  3. Situasi ekonomiStrategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
  4. Penggunaan media on-lineDalam pemasaran melalui e-commerce perlu mempertimbangkan kehandalan berbagai media on-line dan cakupan areanya yang perlu dipertimbangkan, demi meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatkan jejaring on-line.

Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:

1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.

2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.

3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.

4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

 

Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan

1) Keaslian lalu-lintas informasi

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs anda dari hasil pencarian yang sesungguhnya. Sejumlah besar lalu lintas datang ke website secara langsung melalui mesin pencari. Namun, langkah itu tidak mudah karena memerlukan teknik optimalisasi pencarian untuk pada website, Anda harus dioptimalkan dengan baik untuk pengguna maupun mesin pencari untuk mendapatkan peringkat teratas untuk kata kunci yang ditargetkan dalam hasil pencarian sesungguhnya yang diinginkan (dicari) oleh para pencari informasi produk di mesin pencari (search engine).

Untuk mencapai target pencarian ini, anda perlu mengoptimalkan kata kunci website Anda untuk dapat diposisikan pada urutan utama pada mesin pencari. Gunakan kata kunci lalu lintas utama yang berpusat pada produk utama yang anda tawarkan dalam situs anda. Sebuah aturan praktis, yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan kata kunci (meta data) dan menempatkan istilah pencarian tersebut kedalam tubuh konten (body) di setiap halamat web anda, yang berisi tentang informasi produk-produk yang anda tawarkan.

Hindari penggunaan kata kunci yang berulang atau tumpang tindih dan mempertahankan kepadatan kata kunci dari satu persen hingga dua persen. Cara ni akan membuat kata kunci dalam situs anda dapat dioptimalkan. Selain itu, pastikan bahwa situs anda tidak dipenuhi dengan grafis karena situs dengan terlalu banyak grafis membutuhkan waktu tampil terlalu lama untuk memuat halaman website anda dan seringkali kondisi ini akan diabaikan oleh mesin pencari. Sebaliknya, gunakan gambar menarik dan relevan tetapi pastikan bahwa situs anda berisi gambar minimum.

Demikian pula, membuat sebuah website menarik namun tetap berkondisi user-friendly. Situs harus mudah dinavigasikan menggunakan link yang relevan. Pada saat yang sama, harus berisi beberapa gambar yang menarik (eye-catchy) yang mencerminkan bisnis anda secara profesional. Sebuah situs yang user-friendly yang dirancang dengan baik bertindak sebagai USP, dan memotivasi pengunjung untuk tetap menjelajahi informasi dalam situs anda dan menavigasi yang mereka inginkan melalui situs anda. Jika berisi informasi yang berguna dan menyediakan produk dan layanan yang sesuai, ada kemungkinan besar bahwa pengunjung anda dapat mengkonversikan dirinya sehingga akhrinya menjadi prospek buat anda dan akhirnya menjadi pembeli produk-produk yang anda tawarkan.

2) Optimalisasi Google Maps

Listing atau mendaftarkan bisnis anda di peta Google (https://maps.google.co.id), merupakan salah satu strategi pemasaran ecommerce yang paling penting. Listing kedalam zona lokal membantu situs e-commerce untuk mendapatkan visibilitas diawal database pencarian informasi yang berujung pada penghimpunan pelanggan lokal. Dan imbas dari visibilitas database informasi tersebut, maka anda bisa mendapatkan prospek yang berkualitas dalam waktu singkat. Manfaat terbesar dari daftar peta di google adalah anda dapat memperolehnya secara gratis. Anda hanya perlu mengisi informasi yang diperlukan, melalui proses verifikasi alamat, dan bisnis anda akan masuk dalam peta Google dalam waktu kurang dari satu hari.

Hal terbaik tentang daftar situs anda di peta Google adalah listing ini mendominasi halaman pertama hasil mesin pencari. Oleh karena itu, Anda dapat meyakinkan bahwa Anda akan mendapatkan lalu lintas pencarian informasi penawaran yang relative banyak dengan prospek lokal melalui pendaftaran bisnis anda di mesin pencari google. Selain itu, memungkinkan Anda untuk menghubungkan ulasan tentang orangorang yang telah menggunakan produk dan jasa bisnis Anda. Karena sebagian besar orang bergantung pada umpan balik dan tanggapan dari pelanggan yang sudah ada, daftar usaha di Google membantu anda untuk dapat membangun kepercayaan dari para pelanggan maupun anda selakuk penjual produk dengan prospek dari para pelangga lokal di lokasi jangkauan usaha anda .

Di era modern mobile, orang menelusuri web menggunakan aplikasi mobile mereka. Manfaatnya, Google mampu menampilkan daftar peta pada halaman pertama dari hasil pencarian yang dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile. Jadi jangan lupa untuk mendaftarkan bisnis atau usaha e-commerce anda di peta Google untuk mendorong prospek lokal bagi usaha pemasaran dan penjualan online produk-produk anda.

3) Kampanye Pay Per Click (PPC)

Hasil pencarian berbayar merupakan salah-satu cara terbaik dalam menjalankan strategi pemasaran e-commerce untuk mendapatkan peringkat teratas dan tampil langsung dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci bertarget tertentu. Seperti namanya Pay Per Click atau anda membayar iklan berdasarkan jumlah klik per-hari yang anda inginkan, menunjukkan bahwa anda telah membayar untuk mendapatkan peringkat teratas dalam hasil mesin pencari. Google AdWords dan Yahoo overture adalah sarana iklan terbaik dengan cara membayar kampanye per klik yang memberikan hasil yang bermanfaat untuk hasil pencarian berbayar.

Pertama-tama, membuat iklan yang menarik bagi para pengunjung. Optimalkan iklan menggunakan kata kunci lalu lintas tertinggi daftar Adwords yang anda dapatkan dari google, memilih format iklan efektif dan menempatkan penawaran anda untuk kata kunci yang ditargetkan. Jika penawaran anda lebih tinggi, iklan anda akan dipindahkan atau diposisikan sebagai daftar yang disponsori pada halaman pertama hasil pencarian dalam mesin pencari. Setiap kali pengguna akan mengklik iklan Anda, mereka akan diarahkan ke situs Anda.

Meskipun membutuhkan sejumlah besar uang untuk mendapatkan lalu lintas dan prospek, tetapi uang yang anda belanjakan menjadi sangat bernilai dalam hal mengarahkan informasi pencarian yang ditargetkan dan akhirnya akan berujung dengan adanya penjualan produk anda dalam waktu yang relative singkat.

4) Promosi di Media Sosial

Miliaran orang telah menggunakan platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan media sosia sejenisnya untuk berinteraksi dengan satu sama lain. Sebagian besar orang tetap terhubung dengan internet melalui situs sosial. Hal ini pada gilirannya dapat memungkinkan anda untuk memanfaatkan kekuatan media sosial. Mulailah mendaftarkan usaha anda ke situs sosial dan membuat halaman profil yang menarik. Desain halaman melalui kustomisasi, setelah mempertimbangkan prospek yang ditargetkan. Misalnya, jika calon target anda adalah perempuan muda, maka anda perlu memilih desain dan warna latar belakang serta gambar yang menarik bagi banyak perempuan, untuk ditampilkan dalam halaman website e-commerce anda.

Jangan terburu-buru untuk menjual produk anda. Fokuskan terlebih dahulu waktu anda dengan membangun sebuah daftar pengikut setia. Jadi, anda perlu melakukan beberapa langkah awal, yaitu bagaimana membuat basis pengikut setia ? Perkenalkan diri Anda sebagai ahli dalam hal yang menarik tentang informasi khusus mengenai diri anda. Misalnya, jika anda menjual produk penurunan berat badan, menjadi ahli dalam memberikan tips berguna pada cara-cara atau usaha-usaha penurunan berat badan.

Berinteraksi dengan orang-orang yang mencari solusi penurunan berat badan, jika anda memang bergerak dalam bidang obat-obatan atau solusi penurunan berat badan. Mencoba untuk menyelesaikan masalah mereka. Selama periode waktu tertentu, anda akan mampu membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan pengikut anda. Setelah memenangkan kepercayaan pengikut anda, merekomendasikan produk anda kepada mereka. Demikian pula, menginformasikan secara teratur dan posting pesan anda secara rutin pada halaman wall Facebook anda. Berinteraksi dengan pelanggan anda dan mendapatkan umpan balik mereka tentang produk atau jasa. Dengan cara ini anda pasti dapat mengarahkan lalu lintas bertarget besar untuk situs ecommerce yang anda kelola.

5) Penggunaan Blog

Menulis dan blogging dengan kekhususan informasi anda adalah salah satu strategi pemasaran e-commerce yang paling efektif yang akan menghasilkan banyak lalu lintas yang ditargetkan dan prospek yang berkualitas. Menulis di Blog secara teratur, dan menyediakan konten yang unik dan berguna untuk pembaca anda. Jangan lupa untuk menyertakan undangan untuk dapat bertindak yang sesuai pada akhir setiap posting. Mendorong pembaca blog anda untuk segera mengambil tindakan termasuk membeli produk atau mendaftar (sign up) di halaman blog anda untuk dapat memperoleh email sebagai sarana promosi yang dapat anda gunakan kemudian hari, ketika anda hendak menawarkan produk-produk anda. Dengan cara ini, anda akan mampu membangun mailing list setia untuk mempromosikan dan menjual produk yang ada serta menawarkan produk baru.

Selain blogging, menulis artikel secara teratur dan mengirimkannya ke halaman dengan peringkat tertinggi dalam kelompok direktori artikel. Menulis artikel yang unik dan berkualitas, pastikan bahwa artikel berkaitan dengan spesialisasi situs anda. Demikian pula, memastikan bahwa itu berisi kata kunci bertarget. Jangan lupa untuk menyertakan link kembali ke website anda, dalam setiap artikel yang anda tulis. Semakin tinggi jumlah link kembali menunjuk ke situs Anda, semakin tinggi peringkat halaman situs Anda. Jika page rank tinggi, ada kemungkinan kemungkinan bahwa website Anda akan muncul dalam hasil pencarian organik untuk kata kunci yang ditargetkan. Jika situs anda muncul di halaman pertama pada saat mesin pencari menampilkan hasil pencarian, Anda akan menikmati aliran yang banyak dari para pengunjung yang dapat mengkonversi menjadi prospek, jika produk dan layanan yang anda tawarkan berguna bagi mereka.

6) Penggunaan Video Marketing

Penampilan gambar, dapat berbicara seribu kata, dan penayangan video berbicara jutaan kata. Gambar gerak menarik perhatian orang dengan cara yang jauh lebih baik. Arahkan iklan pemasaran anda pada sifat manusia ini untuk menikmati memperoleh banyak lalu lintas yang ditargetkan ke situs web ecommerce anda. Mendaftarkan alamat website e-commerce anda ke situs seperti YouTube. 

  1.  Membuat video yang cocok yang menunjukkan produk dan jasa bisnis Anda
  2. Posting video ini di YouTube dan situs serupa dengan link kembali ke situs Anda 
  3. Ambil dan abadikan video acara perusahaan anda dan peluncuran produk baru yang ada di perusahaan anda, mempublikasikan video tersebut di YouTube dan saluran video lainnya 
  4. Merupakan langkahlangkah promosi e-commerce anda dalam informasi berbentuk video, yang tentu akan lebih menarik calon pelanggan anda.

Optimalkan informasi teks dengan judul dan deskripsi. Pastikan judul video terdiri dari frase kata kunci yang ditargetkan untuk menarik klien. Selain cara tersebut diatas, termasuk juga pembuatan 5-6 kata kunci yang relevan dalam tag html dalam halaman website anda, berbagi link dan URL di media sosial YouTube dengan akun anda untuk meningkatkan popularitas video anda dan mendapatkan visibilitas di YouTube oleh calon klien. Dalam waktu singkat, anda akan melihat aliran besar lalu lintas ke situs web ecommerce anda melalui saluran video.

7) Surat Kabar Digital

Menciptakan serangkaian strategi pemasaran melalui surat-kabar digital dan/atau informasi lain melalui internet yang efektif. Ini membantu Anda untuk berbagi dan mempromosikan diri dan bisnis Anda. Buat seri buletin dan mempromosikan secara efektif melalui bentuk-bentuk pemasaran dan situs sosial. Mendorong orang untuk mendaftar untuk seri surat-kabar (newsletter) anda dengan menyediakan e-book gratis atau laporan gratis mengenai topik tertentu. Kirim surat-kabar bulanan untuk pelanggan Anda. Sertakan link ke situs anda dan berikan informasi berkualitas dengan undangan untuk bertindak mengunjungi kembali pada akhir surat-kabar yang anda kirimkan. Keuntungan utama dari seri surat-kabar anda akan mengarahkan pelanggan yang anda targetkan, maka kemungkinan mendapatkan konversi, sebagian besar akan meningkat. Jika informasi dalam surat-kabar anda berguna dan up-to-date, Anda akan mendapatkan arus pengunjung setia setiap bulan melalui surat-kabar bulanan yang anda kirimkan.

1.      Menggunakan Afiliasi pemasaran untuk mempromosikan situs ECommerce

Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online. Dan pembayaran kompensasi didasarkan pada kinerja tindakan, biasanya dalam bentuk klik, penjualan, yang telah didaftarkan. Hubungan antara para pengiklan dan pedagang biasanya disebut sebagai afiliasi pedagang, dan penerbit atau penjualan kepada orangorang yang dikenal sebagai afiliasi. Banyak manfaat afiliasi pemasaran termasuk potensi untuk menghasilkan banyak uang. Anda dapat melakukan banyak proses periklanan secara otomatis dan menerima pembayaran hanya berdasarkan hasil yang diinginkan, yang meliputi penjualan, pendaftaran, dan jumlah permbayaran per klik (PPC).

Meskipun sebagian besar pedagang akan menganggap beberapa tingkat risiko dengan penipuan, masih ada tingkat resiko lain yang mungkin terjadi dalam proses afiliasi. Setelah Anda tahu apa yang Anda lakukan dengan pemasaran afiliasi, Anda akan dapat memahami dengan baik sebelum Anda mengetahui dan memanfaatkan jasa afiliasi. Afiliasi pemasaran telah menjadi kontributor untuk dapat bangkit dari sebagian besar perusahaan online, termasuk Amazon.com, Tokopedia.com, Lazada.co.id dan lain-lain. Amazon.com merupakan salah satu dari peng-adoptesi afiliasi pemasaran, dan sekarang telah banyak afiliasi yang berhubungan.

Afiliasi pemasaran juga memberikan Anda kesempatan untuk mempersiapkan diri di belakang produk yang Anda sukai, lalu anda membuatkan dan menawarkan link serta banner mereka melalui situs web pribadi yang anda miliki. Anda akan menerima uang untuk setiap produk yang dibeli yang telah anda wakili, dan cara ini dapat menjadi alasan yang cukup untuk berpartisipasi dalam usaha afiliasi. Jika Anda telah berusaha mencari tambahan penghasilan, maka afiliasi pemasaran ini merupakan salah satu cara untuk melakukannya. Anda dapat tetap setia dengan satu pedagang atau berafiliasi dengan sebanyak pedagang yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Afiliasi pemasaran di internet sekarang telah menjadi semakin populer – maka sekarang cara usaha afiliasi ini akan dapat menyediakan waktu luang bagi Anda dan tidak perlu pergi kemana-mana untuk melakukan usaha, yang kesemua usah afiliasi semacam ini tidak dapat anda lakukan tanpa memiliki jaringan internet ditempat tinggal anda, atau dimanapun anda berada.


Daftar Pustaka

Nirmala, Endar. 2016. Pemasaran Online Kelas 10 Semester 2. Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikdan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata

103 comments:

  1. Syazlina natasha sham
    Pertanyaan
    Jelaskan apa Saja strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Keaslian lalu-lintas informasi

      Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs anda dari hasil pencarian yang sesungguhnya. Sejumlah besar lalu lintas datang ke website secara langsung melalui mesin pencari. Namun, langkah itu tidak mudah karena memerlukan teknik optimalisasi pencarian untuk pada website.

      2.Optimalisasi Google Maps

      Listing atau mendaftarkan bisnis anda di peta Google (https://maps.google.co.id), merupakan salah satu strategi pemasaran ecommerce yang paling penting. Listing kedalam zona lokal membantu situs e-commerce untuk mendapatkan visibilitas diawal database pencarian informasi yang berujung pada penghimpunan pelanggan lokal.

      3.Hasil pencarian berbayar merupakan salah-satu cara terbaik dalam menjalankan strategi pemasaran e-commerce untuk mendapatkan peringkat teratas dan tampil langsung dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci bertarget tertentu.

      4.Promosi di Media Sosial

      Miliaran orang telah menggunakan platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan media sosia sejenisnya untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

      5.Penggunaan Blog

      Menulis dan blogging dengan kekhususan informasi anda adalah salah satu strategi pemasaran e-commerce yang paling efektif yang akan menghasilkan banyak lalu lintas yang ditargetkan dan prospek yang berkualitas.

      6.Penggunaan Video Marketing

      Penampilan gambar, dapat berbicara seribu kata, dan penayangan video berbicara jutaan kata. Gambar gerak menarik perhatian orang dengan cara yang jauh lebih baik.

      7.Surat Kabar Digital

      Menciptakan serangkaian strategi pemasaran melalui surat-kabar digital dan/atau informasi lain melalui internet yang efektif.

      Delete
  2. Puja yolanda
    Sebutkan strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan?

    ReplyDelete
    Replies

    1. 1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
      2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
      3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
      4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

      Delete
  3. Sebutkan 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam e-commerce yaitu?

    ReplyDelete
    Replies

    1. 1.daur hidup produk
      2.posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-commerce
      3.situasi ekonomi
      4.penggunaan media online

      Delete
  4. Dalam strategi pemasaran media yang di gunakan yaitu penggunaan blog,jika seseorang yang mempunyai jiwa usaha dan orang tersebut ingin membuat suatu e-commerce tetapi ada suatu kesalahan pada penggunaan blog contohnya akunnya tidak terdaftar kendala apa yang terjadi dan bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya akan menjawab pertanyaan dari marsya nabila
      Jika akun blog tidak terdaftar di google maka kendalanya bisa saja di:
      - website terindex di bawah domain www atau non www
      -mesin pencarian belum menemukan website anda
      -website anda tidak memiliki sitemap.Xml
      -website atau halaman terblokir oleh robots. Txt
      -Ada peyarapan halaman yang eror.
      Dan bagaimana solusi mengatasi kendala tersebut :
      -Pastikan Website Mobile-Friendly.
      -Buat Sitemap.
      -Pasang SSL Certificate.
      -Integrasikan Website dengan Google Analytics.
      -Gunakan Google Search Console.
      -Riset Keyword.
      -Buat Konten yang Lengkap dan Sesuai dengan Search Intent.

      Delete
  5. sebutkan beberapa keuntungan jika halaman situs kita berada di page rank tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya M. Fachrowi Hafiz akan menjawab pertanyaan Prianka Miranda Fadhilla
      Jika situs anda muncul dihalaman pertama pada saat mesin pencari menampilkan hasil pencarian,anda akan menikmati aliran yang banyak dari pengunjung yang dapat mengkonversi menjadi prospek,jika produk Dan layanan yang anda tawarkan berguna bagi mereka.

      Delete
    2. Saya Cella Nazwa Fadia akan menjawab pertanyaan dari Prianka Miranda Fadhilla
      Jika saja situs kita berada di page rank tertinggi kemungkinan untung yang kita dapatkan yaitu menjadi pilihan pertama pelanggan untuk mengklik situs kita dan melihat produk apa yang kita tawarkan didalam nyaa,jika saja cocok pelanggan akan memesannya dan terus mengikuti prosedur pemesanan yang kita buat dalam situs kita,dan selanjutnya banyak calon² pelanggan lainnya yang tertarik dengan situs kita dan berkeinginan untuk membeli produk kita.
      Terimakasih.

      Delete
  6. M. Fachrowi Hafiz
    Bagaimana agar promosi usaha yang kita lakukan di media sosial berjalan sesuai rencana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaitu mulailah mendaftarkan usaha anda ke situs sosial dan membuat halaman profil yang menarik.desain halaman melalui kustomisasi,setelah mempertimbangkan prospek yang di targetkan.misalnya,jika calon anda adalah perempuan muda maka anda perlu memilih desain dan warna latar belakang serta gambar yang menarik bagi banyak perempuan,untuk ditampilkan dalam halaman website e-commerce anda

      Delete
  7. Pertanyaan mutia rahma yeni:
    Sebutkan karakteristik yang dimiliki ECommerce!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya akan menjawab pertanyaan dari mutia rahma yeni:

      ECommerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
      • Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;
      • Adanya pertukaran barang, jasa, ata Hbu informasi; dan
      • Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online

      Delete
  8. Pertanyaan PUTRI APRILIA RANGKUTI:

    Menggunakan afiliasi pemasaran untuk mempromosikan situs e-commerce. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Afiliasi pemasaran tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya akan menjawab pertanyaan dari putri aprilia rangkuti:

      Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online. Dan pembayaran kompensasi didasarkan pada kinerja tindakan, biasanya dalam bentuk klik, penjualan, yang telah didaftarkan. Hubungan antara para pengiklan dan pedagang biasanya disebut sebagai afiliasi pedagang, dan penerbit atau penjualan kepada orangorang yang dikenal sebagai afiliasi. Banyak manfaat afiliasi pemasaran termasuk potensi untuk menghasilkan banyak uang. Anda dapat melakukan banyak proses periklanan secara otomatis dan menerima pembayaran hanya berdasarkan hasil yang diinginkan, yang meliputi penjualan, pendaftaran, dan jumlah permbayaran per klik (PPC).

      Delete
  9. Apa saja yang menjadi penghalang bagi perusahaan yang baru mulai mengunakan sistem e-commerce dan bagaimana keamanan sistem penggunaan e-commerce tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bella Natalia Siregar

      Yang menjadi penghalang bagi perusahaan yang baru mulai menggunakan e-commerce yaitu:
      —Hambatan dalam E-Commerce. Yang pertama adalah kepercayaan. Kepercayaan disini merupakan hambatan yang sangat menonjol dalam perdagangan elektronik, karna di negara kita sendiri lebih percaya menggunakan transaksi face to face atau pembelian secara langsung, dimana kita dapat melihat, meraba atau pun mencobanya dan memastikan dengan warna ukuran yang benar-benar nyata dalam melakukan transaksi penjualan.

      —Yang kedua keamanan Sangat banyak berita-berita tentang kriminalitas di internet, seperti pencurian nomor kartu kredit atau lainnya, sehingga tidak sedikit orang yang enggan dalam menggunakan transaksi online tersebut. Padahal transaksi menggunakan kartu kredit di internet tidak lebih berisiko dibandingkan transaksi yang biasa kita lakukan. Contoh, seperti saat kita membeli baju secara online, nomor kartu kita akan diacak dahulu sebulum dikirim ke bank atau ke perusahaan online tersebut.

      —Yang ketiga biaya yang sangat tinggi, dimana dalam membuka usaha online tentu tidak menggunakan biaya yang sedikit.

      Keamanan sistem penggunaan e-commerce

      Sistem keamanan e-commerce adalah sistem yang berfungsi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam proses transaksi pada e-commerce. Pengembangan sistem keamanan pada e-commerce yang dirancang mengamankan data transaksi langsung melalui script pada halaman web dan tanpa menggunakan protokol keamanan manapun.

      Delete
  10. saya ingin bertanya.
    Apakah E-Commerce Menguntungkan bagi masyarakat? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya IKA NURHALIZA akan menjawab pertanyaan dari Rika Yu Prihartini.
      Menurut saya, Jelas Menguntungkan, karena kemudahan yang ada pada E-commerce sangat berpengaruh kepada masyarakat ketika menggunakan sistem teknologi dan mampu mengirim barang dengan via ekspedisi, tentu ini sangat menguntungkan dari kedua belah pihak, terutama MASYARAKAT PEDESAAN, hal ini dapat memudahkan mereka untuk mendapatkan aneka produk yang susah didapatkan didaerah setempat. Apalagi di masa pandemi covid-19 sekarang ini, tentu dengan adanya sistem jual beli di E-commerce, pasti lebih mengurangi kepadatan lalu lintas, karena tidak perlu banyak keluar rumah untuk membeli aneka kebutuhan produk, mereka bisa order via online dan transfer lalu barang segera datang kerumah karena kemudahan E-commerce yang menghandalkan teknologi dan pengiriman via ekspedisi.

      Delete
    2. Saya akan menjawab pertanyaan dari Rika yu prihartini :
      Sangat menguntungkan,Karena dari berkembang nya e Commerce sudah berpengaruh besar terhadap proses penjualan melalui jejaring internet sehingga memudahkan masyarakat untuk membeli suatu produk dengan menggunakan suatu media yang terhubung dengan media sosial dan web.
      Sekian terima kasih.

      Delete
    3. Saya akan menjawab pertanyaan dari rika yu prihatini:
      sangat menguntungkan karena kehadiran e-commerce memberikan peluang bagi pemilik bisnis untuk bisa menyediakan layanan transaksi 24 jam, transaksi yang diberikan akan memudahkan pengguna website e-commerce untuk membeli barang kapanpun,Pagi, siang, atau malam

      Delete
  11. Assalamualaikum wr.wb, saya IKA NURHALIZA ingin bertanya. Bagaimanakah prospek E-Commerce di Indonesia? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Di indonesia, e-commerce berkembang sangat pesat. Ternyata itu belum bisa menjadikan negara indonesia sebagai negara dengan tingkat penjualan pada e-commerce tertinggi, melainkan negara tertinggi pada tingkat penjualan e-commerce iala negara di ASEAN.




      Delete
  12. Nama : Riska Ismayanti
    Saya ingin bertanya.
    Jika mempromosikan e-commerce tidak menggunakan afiliasi pemasaran, apakah terdapat resiko? Jika ada, coba jelaskan! Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama saya widya yusdianti, saya akan menjawab pertanyaan riska ismayanti,
      Resikonya adalah
      1.menurunnya strategi marketing.
      Penurunan penjualan bisa terjadi jika tidak seimbangnya strategi yang sudah direncanakan. Maka disini dibutuhkan afiliasi untuk memaksimalknnya
      2.Mendapat resiko besar
      Jika tidak menggunakan afliasi dalam pemasaran akan memungkinkan terjadinya target penjualan menurun.

      Delete
  13. Nama saya Cella Nazwa Fadia
    Saya ingin bertanya
    Apakah di zaman seperti ini,dengan adanya e commerce sudah memberikan pengaruh yg besar?jika sudah,mengapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkembangan bisnis e-commerce sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.Pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi penjualan barang dan jasa secara online maupun konvensional memiliki implikasi serupa terhadap pertambahan PDB (Produk Domestik Bruto) yang merupakan indikator yang umum digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.Bank Indonesia bahkan menyebutkan pada tahun 2019, jumlah transaksi e-commerce per bulannya mencapai Rp11 triliun - Rp 13 triliun. Industri e-commerce mempunyai prospek yang cukup cerah dan bisa menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia.

      Delete
  14. Apabila zaman semakin modern dan perkembangan e-coomerce semakin maju, jika kita ingin membangun perusahaan atau membuka suatu usaha akankah masih memerlukan tempat atau toko untuk menjual produk/jasa? Berikan penjelasannya menurut anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yuliana melandani
      Menurut saya pendapat saya sendiri dijaman modern ini tidak terlalu susah ataupun terlalu banyak memakan biaya hanya untuk menyewa tempat, karena hanya dirumah saja kita bisa menjalankan suatu usaha dengan adanya e commerce ini memudahkan kita dalam berniaga online dan yang paling utama menghemat biaya, dan waktu.

      Delete
  15. Nama saya Yuliana melandani saya ingin bertanya Apakah E commerce ini berdampak pada masa depan disuatu negara? Dan sampai saat ini perusahaan e commerce yang teratas diduduki oleh siapa sebutkan! Terimkasih

    ReplyDelete
  16. Seberapa Aman E-Commerce untuk para pengusaha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya DEVY SAFITRI akan menjawab pertanyaan dari Rizki Nanda Winata p.
      Cukup banyak berita yang berisi tentang pembobolan sistem keamanan Internet, akan tetapi umumnya vendor dan analis komputer berargumentasi bahwa transaksi di Internet jauh lebih aman daripada di dunia biasa.
      Sebenarnya sebagian besar dari pencurian kartu kredit terjadi di sebabkan oleh pegawai sales yang menghandle nomor kartu kredit tersebut. Sistem e-commerce sebetulnya menghilangkan keinginan mencuri tadi dengan cara meng-enkripsi nomor kartu kredit tersebut di server perusahaan. Untuk merchants, e-commerce juga merupakan cara yang aman untuk membuka toko karena meminimalkan kemungkinan di jarah, di bakar atau kebanjiran. Hal yang paling berat adalah meyakinkan para pembeli bahwa e-commerce adalah aman untuk mereka.

      Delete
  17. Nama:Devy Safitri
    Saya ingin bertanya apa saja karakteristik yang ada pada E-commerce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:syazlina natasha sham
      Saya akan menjawab pertanyaan
      Devy safitri
      Yaitu apa saja karakteristik yang ada pada e-commerce
      Jwb:-Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;

      • Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi; dan

      • Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online.

      Delete
    2. Nama saya Adinda Putri kelas XII BDP 2 ingin menjawab pertanyaan dari Devy safitri yaitu apa saja karakteristik yang ada pada e-commerce:
      Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;

      • Dengan adanya suatu pertukaran barang, jasa, atau informasi

      • Internet merupakan suatu medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online.

      Delete
  18. Nama: Selfi
    Saya ingin bertanya. Apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis afiliasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Adinda Sahfitri menjawab pertanyaan dari Selfi
      *Kelebihan afliasi yaitu
      -modal minim=bisnis ini adalah modal yang di di keluarkan tidak terlalu besar.
      -resiko kerugian yg minim=tidak ada kontak yang terikan yg mengharuskan anda untuk menjual produk sesuai dengan target.
      -mudah di jalankan=bisnis mudah di jalankan anda akan mendapatkan keuntungan .
      -waktu fleksibel = anda bisa menjaring banyak calon pelanggan dan menghasilkan uang.

      *kurangan Bisnis Afiliasi
      -Membangun referal membutuhkan waktu.
      Anda harus memiliki kemampuan internet marketing (pemasaran melalui internet). Ada batasan iklan,
      Ada persyaratan pembayaran.informasi produk harus diperbarui .

      Delete
  19. Nama:Adinda Sahfitri
    Saya ingin bertanya apa saja Platform Aplikasi E-commerce yang secara Gratis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Selfi akan menjawab pertanyaan dari adinda Safitri
      Platfrom aplikasi e-commerce gratis yaitu:
      1 .Magento open source
      2. Opencart
      3. Oscommerce
      4. Prestashop
      5. Spree commerce
      6. Woocommerce

      Delete
  20. Nama :Bella Natalia Siregar
    Kelas:XII BDP 1
    Apa penghalang utama untuk melakukan e-commerce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya LILY AFIFAH NASUTION dari kelas XII BDP 2 ingin menjawab pertanyaan dari bella
      Penghalang utamanya adalah
      -akses internet
      -logistik
      -pembayaran e-commerce
      Dll

      Delete
  21. Nama: LILY AFIFAH NASUTION
    KELAS:XII BDP 2
    Saya ingin bertanya seberapa amankah e-commerce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama :SRI WINDARI
      Kelas:XII BDP 1
      Saya akan menjawab pertanyaan dari lily afifah nasution.

      Pertanyaanya:
      Seberapa aman e-commerce?

      Jawabannya:

      Di media massa cukup banyak berita tentang pembobolan sistem keamanan Internet, akan tetapi umumnya vendor dan analis komputer berargumentasi bahwa transaksi di Internet jauh lebih aman daripada di dunia biasa.
      Sebenarnya sebagian besar dari pencurian kartu kredit terjadi di sebabkan oleh pegawai sales yang menghandle nomor kartu kredit tersebut. Sistem e-commerce sebetulnya menghilangkan keinginan mencuri tadi dengan cara meng-enkripsi nomor kartu kredit tersebut di server perusahaan. Untuk merchants, e-commerce juga merupakan cara yang aman untuk membuka toko karena meminimalkan kemungkinan di jarah, di bakar atau kebanjiran. Hal yang paling berat adalah meyakinkan para pembeli bahwa e-commerce adalah aman untuk mereka.
      Umumnya pengguna kartu kredit tidak terlalu mempercayai-nya, tapi para pakar e-commerce mengatakan bahwa transaksi e-commerce jauh lebih aman daripada pembelian kartu kredit biasa. Setiap kali anda membayar menggunakan kartu kredit di toko, di restauran, di glodok, di mangga dua atau melalui telepon 800 – setiap kali anda membuang resi pembelian kartu kredit – anda sebetulnya telah membuka informasi kartu kredit tersebut untuk dicuri.
      Sejak versi 2.0 dari Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer, transaksi dapat di enkripsi menggunakan Secure Sockets Layer (SSL) http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html, sebuah protokol yang akan mengamankan saluran komunikasi ke server, memproteksi data pada saat dikirimkan melalui Internet. SSL menggunakan public key encryption, salah satu metoda enkripsi yang cukup kuat saat ini. Untuk melihat apakah sebuah Web site di amankan menggunakan SSL dapat dilihat pada awal URL digunakan https bukan http.
      Pembuat browser dan perusahaan kartu kredit saat ini mempromosikan sebuah standar tambahan bagi keamanan di namakan Secure Electronic Transaction (SET) http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html. SET akan mengenkode nomor kartu kredit yang ada di server vendor di Internet – yang hanya dapat membaca nomor kartu kredit tersebut hanya bank dan perusahaan kartu kredit – artinya pegawai vendor / merchant tidak bisa membaca sama sekali sehingga kemungkinan terjadi pencurian oleh vendor menjadi tidak mungkin.
      Terus terangnya memang tidak ada sistem e-commerce yang bisa menggaransi proteksi 100% kepada kartu kredit anda, tapi kemungkinan untuk di copet dompet anda di toko online akan jauh lebih rendah dibandingkan di tempat biasa.

      Delete
  22. NAMA: WIDYA YUSDIANTI
    KELAS: XII BDP 2
    saya ingin bertanya Apa penghalang utama untuk melakukan e-commerce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama :SRI WINDARI
      Kelas:XII BDP 1
      Saya akan menjawab pertanyaan dari WIDYA YUSDIANTI
      Pertanyaan:

      Apa penghalang utama untuk melakukan e-commerce?

      Jawabannya:
      Menurut survey yang dilakukan oleh CommerceNet para pembeli / pembelanja belum menaruh kepercayaan kepada e-commerce, mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka cari di e-commerce, belum ada cara yang mudah dan sederhana untuk membayar. Di samping itu, surfing di e-commerce belum lancar betul.
      Pelanggan e-commerce masih takut ada pencuri kartu kredit, rahasia informasi personal mereka menjadi terbuka, dan kinerja jaringan yang kurang baik. Umumnya pembeli masih belum yakin bahwa akan menguntungkan dengan menyambung ke Internet, mencari situs shopping, menunggu download gambar, mencoba mengerti bagaimana cara memesan sesuatu, dan kemudian harus takut apakah nomor kartu kredit mereka di ambil oleh hacker.
      Tampaknya untuk meyakinkan pelanggan ini, e-merchant harus melakukan banyak proses pemandaian pelanggan. Walaupun demikian Gail Grant, kepala lembaga penelitian di CommerceNet meramalkan sebagian besar pembeli akan berhasil mengatasi penghalang tersebut setelah beberapa tahun mendatang.
      Grant mengatakan jika saja pada halaman Web dapat dibuat label yang memberikan informasi tentang produk dan harganya, akan sangat memudahkan untuk search engine menemukan sebuah produk secara online. Hal tersebut belum terjadi memang karena sebagian besar merchant ingin agar orang menemukan hanya produk mereka tapi bukan kompetitor-nya apalagi jika ternyata harga yang diberikan kompetitor lebih murah.
      Untuk sistem bisnis-ke-bisnis, isu yang ada memang tidak sepelik di atas, akan tetapi tetap ada isu-isu serius. Seperti para pengusaha belum punya model yang baik bagaimana cara mensetup situs e-commerce mereka, mereka mengalami kesulitan untuk melakukan sharing antara informasi yang diperoleh online dengan aplikasi bisnis lainnya. Masalah yang barangkali menjadi kendala utama adalah ide untuk sharing informasi bisnis kepada pelanggan dan supplier – hal ini merupakan strategi utama dalam sistem e-commerce bisnis ke bisnis.
      Kunci utama untuk memecahkan masalah adalah merchant harus menghentikan pemikiran bahwa dengan cara menopangkan diri pada Java applets maka semua masalah akan solved, padahal kenyataannya adalah sebetulnya merchant harus me-restrukturisasi operasi mereka untuk mengambil keuntungan maksimal dari e-commerce. Grant mengatakan, “E-commerce is just like any automation – it amplifies problems with their operation they already had.”


      Delete
    2. Nama:Dinda Salsabil Nafisah
      Kelas: XII BDP 2

      Saya akan menjawab pertanyaan dari Widya yusdianti,yaitu:
      penghalang utama untuk melakukan e-commerce ialah:
      -Logistik,
      -Akses internet,dan
      -Pembayaran e-commerce

      Delete
  23. Pertanyaan Sri Wahyuni
    Kls XII BDP 1
    -Jelaskan faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran e-commerce

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya akan menjawab pertanyaan dari Sri wahyuni

      -Daur hidup produk
       Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

      -Posisi persaingan pasar yang memanfaatkan e-commerce
       Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha, apakah ingin menjadi pemimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

      -Situasi ekonomi
      Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

      -Penggunaan media online
      Dalam pemasaran melalui e-commerce perlu mempertimbangkan kehandalan berbagai media online dan cakupan areanya yang perlu dipertimbangkan, demi meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatkan jejaring online.

      Delete
    2. Nama:putri Limbong
      Kelas :XII BDP 1

      Delete
  24. Pertanyaan putri limbong
    XII BDP 1

    Bagaimana cara usaha kecil mengambil keuntungan dari e commerce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Sri Wahyuni kls XII BDP 1 akan menjawab pertanyaan dari Putri Limbong

      Jawab :
      Cara usaha kecil mengambil keuntungan dari e-commerce adalah dengan membuat promosi sederhana agar terlihat oleh ,para pelanggan.Berita mulut ke mulut,posting di newsgroup,dan mendaftarkan diri di search engine cukup sudah menarik pelanggan ke situs anda.

      Delete
    2. Nama :Sindi lestari
      Kelas: XII BDP 2
      Saya akan menjawab pertanyaan dari putri Limbong
      Jawab:
      Bukan hanya perusahaan besar saja yang berkecimpung dalam e-commerce tapi juga banyak pengusaha kecil yang berpikir dengan web sederhana karena untuk sukses hanya perlu promosi sederhana saja yaitu dengan cara mendaftarkan diri di search engine cukup sudah untuk menarik pelanggan ke situs anda. Selain itu bisa juga menggunakan website atau marketplace, untuk menunjang promosi bisnis online maka dapat mengunakan media sosial. Hal ini dikarenakan media sosial merupakan media yang banyak digunakan oleh calon pelanggan. Sehingga hal ini akan memudahkan anda untuk berpromosi.

      Delete
  25. putri Limbong
    XII BDP 1
    Saya akan menjawab pertanyaan dari Sri wahyuni

    -Daur hidup produk
     Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

    -Posisi persaingan pasar yang memanfaatkan e-commerce
     Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha, apakah ingin menjadi pemimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

    -Situasi ekonomi
    Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

    -Penggunaan media online
    Dalam pemasaran melalui e-commerce perlu mempertimbangkan kehandalan berbagai media online dan cakupan areanya yang perlu dipertimbangkan, demi meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatkan jejaring online.

    ReplyDelete
  26. Nama :SRI WINDARI
    Kelas: XII BDP 1
    Pertanyaan :

    Adakah stardart teknologi untuk e-commerce ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Salsabila Nurhayani akan menjawab pertanyaan dari sri windari

      Yaitu, adakah standart teknologi untuk e-commerce?
      Ada. E-commerce juga menggunakan standart yg digunakan sendiri. Beberapa diantara yg sering digunakan adalah
      1. Electronik data interchange ( EDI )
      2. Open buying on the internet ( OBI )
      3. Open trending protocol ( OTP )
      4. Open profilling standard ( OPS )
      5. Secure sosket layer ( SSL )
      6. Secure electronic transaction ( SET )
      7. Truste

      Delete
  27. Nama. :Sindi lestari
    Kelas : XII BDP 2
    Saya ingin bertanya
    Jika saya ingin membuka suatu usaha apa saja langkah-langkah dalam membangun bisnis e-commerce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Dinda kartika putri
      Kelas: XII BDP 1

      Langkah langkah membangun bisnis e-commerce ialah
      • Menyusun strategi
      • Mendesain ulang costumer for
      business process
      • Wire company for profit
      • Mempertahankan kesetiaan
      pelanggan

      Delete
  28. Nama : salsabila nurhayani
    Kelas : XII bdp 1
    Pertanyaan saya :
    Dalam promosi dimedia sosial, hal apa yg terlebih dahulu kita lakukan agar produk yg kita pasarkan banyak diminati para pengguna sosial media?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Farah Nabila Rahma akan menjawab pertanyaan dari Salsabila Nurhayani

      Menurut saya
      •Pahami jenis sosial media yang tepat

      •Re-posting Konten Blog

      •Aktifkan Sharing buttons pada Blog Anda

      •Bagikan Potongan Kecil Tulisan Tanpa Tautan

      •Gunakan Hashtags

      •Slalu Sebarkan Konten di Facebook

      •Sebarkan Konten di Twitter

      •Sebarkan Konten di Google+ &

      •Sebarkan Konten di LinkedIn

      Delete
  29. Nama:FARAH NABILA RAHMA
    Kelas: XII BDP 2
    Pertanyaan saya:
    Apa yang membedakan transaksi e – commerce dengan transaksi lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Mutiara Barus ingin menjawab pertanyaan Farah Nabila:
      Yang membedakan transaksi ecommerce dengan transaksi lainnya adalah: transaksi ecommerce melalui proses pembayaran pihak ke 3 yaitu seperti bank Dan emoney sedangkan transaksi lainnya adalah menggunakan yang tunai atau uang cash sebagai alarm untuk pembayaran transaksi tersebut.

      Delete
  30. Saya Mutiara Barus ingin bertanya?
    Berdasarkan bisnis seseorang, masing masing perusahaan nya memiliki urutan proses utamanya sendiri sendiri. Jadi pertanyaan nya yaitu, sebutkan urutan proses utamanya adalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:CINDY SAHPUTRI
      kls : XII BDP 2
      Saya ingin menjawab pertnyaan dari mutiara barus, bisnis seseorang tentunya memang memiliki proses utama nya masing masing, menurut saya urutan proses utama adalah:
      1.Evaluasi lah diri kita sendiri,contohnya:apa yang ingin kita mulai?kita harus memiliki alasannya
      2.Pikirkan ide bisnis yg mau kita jalankan
      3.Lakukan riset pasar,mulailah melakukan penilitian pesaing atau mitra potensial dipasar
      3.Lihatlah apa yang dibutuhkan dipasar dan dicari banyak orang
      4.Tulis rencana bisnis anda, contohnya:deskripsi tertulis tentang bagaimana bisnis Anda akan berkembang dari ketika mulai produk hingga akhir
      5.Cek keuangan/modal anda untuk memulai bisnis yang ingin dijalankan
      6.Tentukan lokasi yang strategis
      7.Dan mulai lah usaha yang ingin dijalankan
      8.Kembangkan produk dan layanan untuk menarik pelanggan sebanyak sebanyaknya

      Delete
  31. Nama:Adinda Putri
    Kelas: XII BDP 2

    Pertanyaan nya:
    Jika ingin membuka usaha kecil-kecilan,Bagaimana cara usaha kecil mengambil keuntungan dari e-commerce tersebut?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Apa maksud dari merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian?Dan berikan contohnya!

    ReplyDelete
  33. Nama:Deby Natalia Br.Nababan
    Kelas:XII BDP 1

    Pertanyaan:Apa yang dimaksud dengan usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Nanda Dwi Jayanti kelas XII BDP 1 akan menjawab pertanyaan dari Deby Natalia
      Jawab:yang dimaksud dengan usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online adalah afiliasi

      Delete
  34. Nama:Nanda Dwi Jayanti
    Kls:Xll BDP 1

    Pertanyaan:Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready” (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E-Commerce sebagai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Deby Natalia Nababan
      Kelas XII BDP 1
      Saya akan menjawab pertanyaan dari Nanda Dwi Jayanti
      Jawab:suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B), antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C), antara konsumen dan institusi (C-to-B), maupun antar konsumen dan konsumen (C-to-C).

      Delete
  35. Nama:CINDY SAHPUTRI
    kls: XII BDP 2
    saya ingin bertanya, e-commerce tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya,sebutkan!dan berikan contohnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Mitha Adelina Sari Lubis
      Kls XII BDP 1,akan menjawab pertanyaan nya
      Kelebihan
      Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
      Melebarkan jangkauan (global reach).
      Meningkatkan customer loyality.
      Meningkatkan supplier management.
      Memperpendek waktu produksi.
      Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
      Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
      Menurunkan biaya operasional(operating cost).
      Kekurangan
      Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
      Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
      Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalnya seorang hacker yang berhasil membobol sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
      Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini dikarena berbagai macam faktor, seperti usaha yang dilakukan oleh pihak lain dengan sengaja yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
      Kerugian yang tidak terduga. Terjadi karna adanya yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
      Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu bisa mentransfer uang dari rekening ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.

      Delete
  36. Saya Mitha Adelina Sari Lubis
    Kls: XII BDP 1
    Ingin bertanya
    Apakah ada faktor lagi selain faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam e-commerce?jelaskan alasannya!

    ReplyDelete
  37. Saya cindi novia nst
    Kls XII bdp 1,akan menjawab pertanyaan dri mitha adelina sari lubis
    Jawab:1.Daur hidup produk. Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
    2.Posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan ecommerce. Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha, apakah ingin menjadi pemimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
    Situasi ekonomi. Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
    3.Penggunaan media on-line. Dalam pemasaran melalui e-commerce perlu mempertimbangkan kehandalan berbagai media on-line dan cakupan areanya yang perlu dipertimbangkan, demi 4.meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatkan jejaring on-line.

    ReplyDelete
  38. Nama :Cindi novia nstb
    Kls XII bdp 1
    Saya ingin bertanya,
    Jelaskan devinisi e-commerce menurut amir hartman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dwi septi amanda akan menjawab pertanyaan dari cindi novia nst:
      Defenisi e-commerce menurut Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready” (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E-Commerce sebagai “suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B), antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C), antara konsumen dan institusi (C-to-B), maupun antar konsumen dan konsumen (C-to-C).

      Delete
  39. Saya novyalita ingin bertanya: seberapa besar peran e coomerce dalam dunia industri perdagangan online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Jian De Chuari akan menjawab pertanyaan Novyalita :E-Commerce merupakan dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, sehingga secara signifikan merubah cara manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, yang dalam hal ini adalah terkait dengan mekanisme dagang. Semakin meningkatnya komunitas bisnis yang mempergunakan internet dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari secara tidak langsung telah menciptakan sebuah domain dunia baru yang kerap diistilahkan sebagai “cyberspace” atau dunia maya.

      Delete
  40. Saya Jian De Chuari ingin bertanya :
    Adakah Dampak Positif dari E-COMMERCE pada saat pandemi seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya akan menjawab pertanyaan jian de chuari :COVID-19 membawa pengaruh positif terhadap ecommerce. Karena masyarakat menghabiskan waktu di rumah saja pada masa pandemi ini, maka ini menjadi peluang besar bagi ecommerce untuk mengembangkan bisnis.

      Tanpa bermaksud menganggap bahwa kondisi pandemi ini merupakan hal yang positif, Anda justru tetap bisa optimis dalam masa-masa sulit sekarang, untuk mengoptimalkan marketing bisnis online Anda.

      Delete
  41. Saya Dwi septi amanda ingin bertanya:
    Apa tujuan utama dibuatnya e-commerce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Yoel deriyan XII BDP 1 ingin menjawab pertanyaan dari Dwi Septi amanda
      "perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya."

      Delete
  42. Pertanyaan Yoel deriyan
    XII BDP 1
    Kapan conversational commerce dapat memiliki dampak terhadap bisnis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebutan conversational commerce berarti bentuk komunikasi ini tidak hanya efektif untuk proses pembelian atau transaksi saja tetapi dalam keseluruhan tahap berbelanja customer.

      Misalnya saja, pada tahap awal chatbot dapat membantu customer mencari atau mempelajari lebih lanjut mengenai suatu produk. Kemudian brand dapat kembali mengirimkan pesan terpersonalisasi melalui aplikasi chat kepada customer. Customer yang memiliki pertanyaan mengenai proses transaksi dapat mengajukan pertanyaan melalui fitur live chat sementara chatbot dapat membantu menjawab pertanyaan atau permintaan yang sederhana.

      Saat ini sudah banyak platform perpesanan yang memungkinkan konsumen melakukan pembelian melalui metode pembayaran dan pengiriman yang sudah terintegrasi dalam aplikasi tersebut. Hal ini tentu memudahkan customer dalam melakukan pembelian karena semuanya dapat dilakukan melalui satu platform.

      Delete
  43. Nama:widya simamora
    Mengapa conversational commerce itu penting?

    ReplyDelete
  44. “E-Commerce” sendiri sangat beragam, tergantung dari perspektif atau kacamata yang memanfaatkannya. Association for Electronic Commerce (AEC) secara sederhana mendifinisikan E-Commerce sebagai “

    ReplyDelete
  45. Replies
    1. RIA LESTARI
      XI BDP 1
      Definisi dari “E-Commerce” sendiri sangat beragam, tergantung dari perspektif atau kacamata yang memanfaatkannya. Association for Electronic Commerce (AEC) secara sederhana mendifinisikan E-Commerce sebagai “mekanisme bisnis secara elektronis”. CommerceNet, sebuah konsorsium industri, memberikan definisi yang lebih lengkap, yaitu “penggunaan jejaring komputer sebagai sarana penciptaan relasi bisnis”. Tidak puas dengan definisi tersebut, CommerceNet menambahkan bahwa di dalam E-Commerce terjadi “proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet atau pertukaran dan distribusi informasi antar dua pihak di dalam satu perusahaan dengan menggunakan intranet”.

      Delete
  46. Replies
    1. IDCloudHost
      Home Business, Marketing Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce
      Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce
      BUSINESS, MARKETING / 27 FEBRUARI 2020
      6 | 0 | 0
      Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce
      Pernahkan anda berbelanja online ? berbelanja melalui internet merupakan dampak yang positif di Era digital, dan Era Digital ini telah mengubah banyak hal, mulai dari aspek komunikasi, ekonomi sampai aktivitas jual beli. Perdagangan di zaman sekarang tidak berpusat pada pasar, swalayan, plaza, mall ataupun tempat-tempat perbelanjaan lainnya.

      Orang mulai nyaman menggunakan e-commerce karena dengan berbelanja online, manusia tidak lagi harus pergi ke pusat perbelanjaan. Sekarang tinggal mengunjungi situs e-commerce, dan berbelanja segala transaksi selesai dan barang sampai di depan pintu rumah.

      Di Indonesia, perdagangan elektronik meningkat beberapa tahun belakangan. Terlebih setelah munculnya berbagai macam situs marketplace, untuk lebih mengetahui lebih lanjut, kami akan membahas pengertian dan penjelasan lengkap tentang e-commerce berikut.

      Baca Juga : Mengenal Apa itu Perbedaan Marketplace dan E-Commerce?



      Apa Itu E-Commerce ?


      E-commerce (Elektronik Commerce) atau dalam bahasa indonesia Perdagangan Secara Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
      Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. e-commerce sendiri makian kian berkembang beberapa tahun belakangan ini dan secara perlahap menggantikan toko tradisional ( Offline ).

      Delete
  47. Dinda ayuni simorangkir15 January 2021 at 19:07

    Apakah e-commerce bisa digunakan dikalangan pemuda yg baru memulai bisnis??

    ReplyDelete
  48. Siti nafilla
    Xl bdp 1


    apa maksud dari Afiliasi pemasaran?

    jawab :
    Afiliasi pemasaran juga memberikan Anda kesempatan untuk mempersiapkan diri di belakang produk yang Anda sukai, lalu anda membuatkan dan menawarkan link serta banner mereka melalui situs web pribadi yang anda miliki. Anda akan menerima uang untuk setiap produk yang dibeli yang telah anda wakili, dan cara ini dapat menjadi alasan yang cukup untuk berpartisipasi dalam usaha afiliasi. Jika Anda telah berusaha mencari tambahan penghasilan, maka afiliasi pemasaran ini merupakan salah satu cara untuk melakukannya. Anda dapat tetap setia dengan satu pedagang atau berafiliasi dengan sebanyak pedagang yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Afiliasi pemasaran di internet sekarang telah menjadi semakin populer – maka sekarang cara usaha afiliasi ini akan dapat menyediakan waktu luang bagi Anda dan tidak perlu pergi kemana-mana untuk melakukan usaha, yang kesemua usah afiliasi semacam ini tidak dapat anda lakukan tanpa memiliki jaringan internet ditempat tinggal anda, atau dimanapun anda berada.

    ReplyDelete
  49. SALSA TRI NURJANA
    XI BDP 1

    APA MANFAAT MENGGUNAKAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nazwa Nabila
      XI Bdp 1
      Manfaat E-commerce
      Mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen. Mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa. Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas. Mempermudah proses penjualan dan pembelian.

      Delete
  50. DIRA AMANDA HARAHAP
    XI BDP 1

    ~Pertanyaan Saya : Bagaimana cara mengatasi
    hambatan E-Commerce

    ReplyDelete
  51. Kanaya Bunga Jasmine Simatupang
    XI BDP 1
    Apakah E Commerce sangat penting dalam dunia bisnis?

    ReplyDelete
  52. Dian shafinas
    Xl bdp 1
    Bagaimana saja karakteristik E commerce dalam bisnis?

    ReplyDelete
  53. AYU WULANDARI
    XI BDP 1

    Apa dampak baik dan buruk dari E-commerce?

    ReplyDelete
  54. Putri Ramadhani
    XI BDP 1

    E-Commerce merupakan dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, sehingga secara signifikan merubah cara manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, yang dalam hal ini adalah terkait dengan mekanisme dagang. Semakin meningkatnya komunitas bisnis yang mempergunakan internet dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari secara tidak langsung telah menciptakan sebuah domain dunia baru yang kerap diistilahkan sebagai “cyberspace” atau dunia maya.
    Bagaimana perusahaan menjangkau daerah yang susah dalam mencari layanan internet?

    ReplyDelete
  55. Nama: Fitra Maisya Putri
    Kls:XI BDP 1

    Apakah e-commerce sangat penting bagi perusahaan apa dampak yang sangat penting?

    ReplyDelete
  56. Putri Khairani Lubis
    XI BDP-1
    Apa dampak jika e-commerce tidak diterapkan di dalam perusahaan?

    ReplyDelete
  57. NABILA SYAHPUTRI
    Xl bdp1

    Apa dampak baik dari E-commerce?jelaskan!

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.