E-DIKLAT MEMBUAT BUKU DIGITAL


Pembuatan Buku Digital

KOMUNITAS GURU MASA DEPAN SOLUSI UNTUK GURU MASA DEPAN

Oleh :
Fajar Efendi Daulay, S.Pd, M.Pd
Guru SMK Negeri 1 Tebing Tinggi

Sertifikasi guru adalah sebuah upaya peningkatan mutu guru dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Bentuk peningkatan kesejahteran guru berupa tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Pemberian sertifikasi ini harus sejalan dengan kontribusi guru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, seorang guru harus aktif mengikuti berbagai diklat baik daring maupun tatap muka untuk meningkatkan kompetensinya. Adapun penyelenggara diklat yang penulis rekomendasikan salah satunya adalah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendekia (LPP-BCI) yang bekerja sama dengan Komunitas Guru Masa Depan (KGMD).
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendekia (LPP-BCI)  merupakan suatau lembaga pendidikan yang didirikan oleh Guru Muda yang peduli tentang pendidikan di Indonesia, oleh karena itu LPP - BCI merupakan mitra Pemerintah dan Masyarakat yang bertujuan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di bidang Pendidikan. Ada berbagai jenis diklat yang diselenggarakan oleh LPP-BCI antara lain sebagai berikut : diklat PTK bagi guru, diklat penulisan artikel ilmiah, diklat penulisan buku sampai terbit, diklat pemuatan soal HOTS dan STEM serta diklat pengembangan IT Pembelajaran. Pada kesempatan ini penulis mengikuti E-diklat. E-Diklat merupakan diklat yang penyelenggaraannya full dalam jaringan. E-Diklat tidak memerlukan Ruangan, Tidak Menyita Waktu, Bisa dilakukan Kapan Saja, biaya terjangkau dan sangat Efektif untuk membantu meningkatkan Kompetensi bagi para guru Indonesia.
E-Diklat ini diikuti oleh 188 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun materi disampaikan dalam diklat ini adalah membuat buku digital, video presentasi dan menguploadnya ke you tube. Dalam pelaksanaannya, diklat ini dilakukat melalui chanel telegram dan group WA. Chanel berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan materi/modul diklat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kita dapat mengirim file yang besar dengan telegram. Sedangkan Wa digunakan sebagai sarana diskusi antara peserta diklat dengan instruktur.
Penulis sangat antusias dalam mengikuti diklat ini. Hal ini dikarenakan penulis sudah sangat lama mencari informasi bagaimana cara membuat buku digital. Berbagai software telah penulis uji coba namun terkendala dengan software yang masih gratisan dan minimnya pengetahuan penulis untuk menggunakan software tersebut. Alhamdulillah impian penulis terwujud ketika penulis memutuskan untuk join di Komunitas Guru Masa Depan (KGMD).
Bagi rekan-rekan guru, mari kita bergabung dengan Komunitas Guru Masa Depan (KGMD) untuk meningkatkan kompetensi kita. Berbagai diklat akan kita peroleh baik secara gratis maupun berbayar. So, jangan tunggu hari esok. Lets join us di Komunitas Guru Masa Depan (KGMD).


1 comment:

give comment ya

Powered by Blogger.