Buku Mengikis Paham Radikal Melalui Silaturahmi


Judul : Mengikis Paham Radikal Melalui Silaturahmi
Penulis : Fajar Efendi Daulay
Harga : Rp.58.500
ISBN : 978-623-7105-48-0
Jumlah Halaman: 126
Penerbit : CV. J-Maestro
Tahun Terbit : 2019

Sinopsis :
Maraknya kasus-kasus kekerasan di lingkungan pendidikan membu-at sebagian orang khawatir tentang anak-anak mereka. Kasus-kasus kekerasan tersebut dapat terjadi antara guru dengan peserta didik atau antara sesama peserta didik. 

KPAI merilis tentang peringkat Negara Indonesia dibanding-kan negara-negara tetangga. Menurut hasil survei International Cen-ter for Research on Women (ICRW), sebanyak 84% kasus kekerasan anak terjadi dilingkungan sekolah di Negara Indonesia. Angka terse-but lebih tinggi bila dibandingkan dengan negara Pakistan (43%), Kamboja (73%), Vietnam (79%) dan Nepal (79%). Komisi Perlin-dungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat bahwa dari tahun 2011 s.d. tahun 2016 sebanyak 2.435 kasus dalam bidang pendidikan. Sebanyak 32,28% kasus tawuran antar pelajar, 45,42% merupakan kasus bully, dan 22.30% merupakan kasus korban kebijakan sekolah. Bila mengacu pada data di atas, maka sebanyak 77.70% merupakan kasus kekerasan. 

Kasus-kasus tersebut seharusnya tidak terjadi. Oleh karena itu jika kita meningkatkan kegiatan silaturahmi dengan keluarga kita, teman-teman baik di teman disekolah maupun teman-teman yang ada dilingkungan dimana kita tinggal. Ada banyak manfaat yang kita peroleh ketika kita rajin bersilaturahmi. Salah satunya adalah akan dibukakan pintu rezki kita. Selain itu, silaturahmi juga berperan dalam menangkal paham radikal yang berkembang di masyarakat. Nilai-nilai karakter yang terkandung didalam silaturahmi sangatlah banyak.

Buku ini merupakan pengembangan dari Lomba Pendidikan Karakter yang berjudul "Pembentukan Karakter Peserta Didik SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui Pendidi-kan Silaturahmi". Buku ini membahas tentang bagaimana silatu-rahmi dapat mencegah paham radikal agar tidak tumbuh bebas di kalangan masyarakat. Buku ini disajikan dengan bahasa yang cukup sederhana dan tidak terlalu ilmiah. Ada dua manfaat yang akan an-da temukan ketika membaca buku ini. Pertama, buku ini membahas bagaimana silaturahmi dapat menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di dunia pendidikan khususnya sekolah. Kedua, buku ini membahas bagaimana implikasi dari nilai-nilai yang terkandung da-lam silaturahmi untuk mencegah paham radikal. Oleh karena itu, meskipun Anda tidak menemukan jawaban secara menyeluruh ter-hadap berbagai persoalan paham radikal melalui buku ini, saya berkeyakinan buku ini mampu mendongkrak semangat membaca Anda. Selamat membaca

Medan, 05 April 2019
Penulis


(Fajar Efendi Daulay)

1 comment:

  1. Merkur R41 - Game Review and Overview - Casinoland.jp 메리트 카지노 주소 메리트 카지노 주소 우리카지노 마틴 우리카지노 마틴 starvegad starvegad 911Virtual Soccer Games Online Free

    ReplyDelete

give comment ya

Powered by Blogger.